Manfaat Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan Menurut Pakar

user
Endang Saputra 06 Maret 2022, 15:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sarang burung walet adalah air liur dari burung itu sendiri yang telah memadat dan mengering. Biasanya, burung walet akan membuat sarang mereka sendiri dengan air
liurnya. Sarang burung walet juga sudah sejak lama diolah menjadi makanan eksotis dengan harga jual fantastis.

Di balik harganya yang selangit, sarang burung walet juga dicari karena dipercaya memiliki beragam kandungan gizi dan manfaat untuk tubuh.

Pakar kesehatan sekaligus pemerhati sarang burung walet dari Universitas Teknologi Malaysia Dr.Lee Ting Hun menjelaskan, manfaat dari sarang burung walet sangat banyak sekali dan bisa membuat umur hidup seseorang menjadi lebih panjang. Lebih lanjut bahwa banyak sekali kandungan gizi dalam sarang burung walet seperti protein yang juga tinggi kandungan kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium.

Dr. Lee Ting Hun pun menjelaskan tentang beberapa manfaat dari sarang burung walet diantaranya adalah sumber asam amino esensial, mendukung fungsi organ tubuh, mencegah resistensi insulin, menurunkan risiko kanker, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan daya tahan tubuh selama kemoterapi, meredakan peradangan, menyehatkan kulit.

Hal serupa juga dikatakan oleh Jonathan Wong, owner dari Royal Nest yang merupakan produsen sarang burung walet di Indonesia sejak 1997.

"Masyarakat di Indonesia belum terlalu memahami manfaat apabila rutin mengonsumsi dari sarang burung walet ini. Padahal sarang burung walet sudah sejak lama dianggap sebagai makanan peningkat sistem imun bagi masyarakat Tiongkok (RRC)", ujar Jo dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy tahun 2016, tertulis bahwa sarang burung walet secara spesifik dapat membantu daya tahan tubuh selama kemoterapi. Jo pun menambahkan bahwa banyak dari para ahli kesehatan yang menyarankan penggunaan sarang burung walet sebagai suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga sarang burung walet memiliki fungsi yang sangat banyak sekali bagi tubuh.

Sarang walet juga mengandung glikoprotein yang lebih mudah larut, serta dilengkapi kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibanding kandungan dalam sup ayam dan ikan.

Selain itu, berbagai vitamin dan mineral pun melengkapi nutrisi dalam sarang burung walet yang memberikan manfaat tersendiri bila dikonsumsi secara rutin.

Royal Nest menyediakan sarang burung walet bersih siap masak dengan kualitas ekspor untuk masyarakat Indonesia. Dengan packaging yang higienis dan mewah, selain mudah untuk dimasak dan dikonsumsi, namun juga cocok untuk diberikan sebagai hadiah yang bergengsi. Jo berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati khasiat sarang burung walet Indonesia terutama di tengah pandemi saat ini.

 

Credits

Bagikan