Segudang Manfaat Elok Terasa di Desa Wisata Stone Garden

user
Endang Saputra 19 Januari 2022, 18:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Elektronik Loket atau Elok sukses memberikan beragam kemudahan di Desa Wisata Stone Garden, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Salah satu hal yang dirasakan adalah kemudahan mendata pendapatan tempat wisata.

Elok adalah bagian solusi Smart Village Nusantara dari Tribe Smart Village & Community PT.Telkom.

Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Stone Garden, Cipatat, KBB, yang juga Ketua Pokdarwis Jabar, Sukmayadi mengatakan, pihaknya baru menggunakan Elok per November 2021 guna mendata seluruh pendapatan pada wisata alam gunung kapur tersebut.

"Keuntungan utamanya adalah semua terpantau hanya di gadget tanpa perlu tiap hari saya ke lokasi lagi. Dulu tiap sore saya harus ke sini untuk mengecek keuangan, sekarang bisa lihat dari mana saja," katanya di sela-sela kunjungan Staff Ahli Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Samsul Widodo di Stone Garden, Selasa (18/1/2022).

Selain Samsul, turut hadir Fujiartanto sebagai Kepala Pusat Pelatihan SDM Desa Daerah Tertinggal Transmigrasi dan Lalu Samsul Hakim (Kepala Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal Transmigrasi).

Menurut Sukmayadi, keuntungan utama lainnya adalah munculnya rasa saling percaya antar pengelola karena semuanya trasparan dan bisa saling pantau. Sebelumnya, hal ini sempat mencuat jadi kendala operasional karena ketiadaan alat.

Elok diprediksinya makin membuat pengelolaan wisata alam ini makin maju. Rata-rata kunjungan per tahun 110 ribu, termasuk tidak ada penurunan selama pandemi tahun 2020-2021 yang masing-masing mencapai 116 ribu dan 120 ribu.

"Ke Stone Garden tidak menurun kunjungan karena prokes tetap dijalankan, dan ini wisata outdoor. Ini pun pendapatan selama 17 hari, berkat Elok, terpantau sudah masuk Rp27 juta yang akan kami kembalikan ke masyarakat sekitar," sambungnya.

Selain itu, banyak sponsor untuk obyek wisata seperti kopi dan minuman kemasan, yang tak ragu menjalin kerjasama setelah melihat data-data dari dashboard Elok. Padahal, proposal kegiatan pun belum diberikan.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya sudah pernah menggandeng penyedia teknologi lainnya untuk digitalisasi tiket tersebut. Akan tetapi, pihaknya malah merasa dirugikan karena banyak pembatasan pola transaksi yang akhirnya dibatalkan di tengah jalan.

"Buat kami, Elok itu kian mendorong visi kami bahwa obyek wisata sebagus apapun kalau tidak sejahterakan masyarakat itu tidak ciri tidak berhasil. Kami sejak mulai beroperasi, selalu sisihkan pendapatan untuk kas RT, RW, hingga biaya kematian warga," ujarnya.

Dirinya akan mendorong Pokdarwis di KBB, termasuk yang dirinya juga menjadi Ketua Pokdarwis Gua Pawon, ataupun pada tempat lainnya di KBB, agar bersama menggunakan Elok ke depannya. Terlebih, semua Pokdarwis pun sudah diberi bantuan laptop oleh Bupati KBB Hengky Kurniawan baru-baru ini.

Kades Gunung Masigit Tarkopa menambahkan, Elok membuat anggaran kegiatan pariwisata menjadi sangat terkontrol. Sebab, aliran keuangan jadi terlihat, sehingga harapannya tidak berhenti digunakan di Stone Garden.

"Di desa kami ada juga obyek Gua Pawon, dan yang terbaru adalah Halimun untuk motor cross hasil kerjasama pengelola dengan Perhutani. Harapannya nanti juga Dana Desa dari pusat bisa kami gunakan untuk digitalisasi ini, jadi beres Elok bisa gunakan layanan SVN untuk bidang pelayanan masyarakat," katanya.

Staff Ahli Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Samsul Widodo mengatakan, aplikasi Elok adalah hal yang tak terhindarkan di era digital ini. Akan tetapi, jangan sebatas modernisasi alat.

"Dengan Elok, betul memang pendapatan langsung terpantau dan terlihat rekap Excel-nya. Tapi yang lebih penting adalah bahwa ini Pokdarwis jadi tahu karakter pengunjung, jam berapa masuk ke obyek, rombongan apa kluarga, dan lainnya. Rata-rata mereka masuk kan jam 11 siang, nah pengelola sudah harus antisipasi makan siang berapa banyak, jadi terbangun ekosistem wisata yang baik," ungkapnya.

Head of Digital Vertical Ecosystem Agriculture PT Telkom Insan Purnama mengatakan, Telkom mencoba membantu desa-desa wisata yang memungkinkan seluruh data dianalisa. Sebab, keuangan yang terekam memang penting, akan tetapi pola prilaku wisatawan juga lebih penting.

"Elok merupakan pintu masuk digitalisasi Desa Gunung Masagit, dengan pengimplementasian sektor lainnya pada tata kelola pemerintahan, tata sosial, dan ekonomi," pungkasnya.

Kredit

Bagikan