Telkom Berkolaborasi dengan Gojek Gelar Muda Maju Bersama

user
Endang Saputra 11 Juni 2021, 15:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Telkom Corporate University (Telkom CorpU) melalui program Indonesia Telecommunication & Digital Research (ITDRI) berkolaborasi dengan Gojek Indonesia menggelar Muda Maju Bersama 1.000 Startup di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Muda Maju Bersama ini mulai membuka pendaftaran pada 6 Juni – 25 Juli 2021. Peserta atau tim yang terpilih akan memperoleh hadiah berupa permodalan hingga Rp200 juta.

SGM Telkom Corporate University sekaligus Chairman of ITDRI, Jemy V. Confido mengatakan, program tersebut implementasi misi besar Kementerian BUMN dalam membantu menurunkan kesenjangan talenta digital, mendorong kemandirian teknologi, dan meningkatkan global innovativeness index di Indonesia.

"Kami di ITDRI dan Telkom Corporate University Center menilai pengembangan startup adalah cara paling jitu menggapai ketiga misi tersebut sekaligus. Startup adalah wadah berinovasi dalam bentuk adopsi, pengembangan teknologi, dan perjuangan membisniskan inovasi sehingga talentanya berkembang signifikan,” kata Jemy dalam keterangan pers, Rabu (9/6/2021).

VP Strategic Regional Gojek Indonesia, Timur Anandita Danaatmadja mengatakan, teknologi tidak hanya menawarkan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat namun juga membuka akses bagi masyarakat untuk bisa berperan aktif berkontribusi dan menikmati manfaat ekonomi digital.

"Dari pengalaman di Gojek, kami menyadari pentingnya proses pembelajaran yang berkelanjutan untuk perusahaan startup untuk bisa tidak hanya bertahan tapi juga terus berkembang. Melalui program Muda Maju Bersama 1.000 Startup yang berkolaborasi dengan Telkom-ITDRI inilah akan banyak tercipta inovasi solusi nyata bagi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat," katanya.

Kolaborasi IDTRI dan Gojek Indonesia diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT. Telkom Indonesia (Tbk) dan Gojek Indonesia pada 15 April 2021 guna merespon instruksi Bapak Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo akan kebutuhan Indonesia pada lebih dari 600.000 talenta digital setiap tahunnya.

Program Muda Maju Bersama 1.000 Startup ditujukan bagi seluruh masyarakat yang berdomisili di Kalimantan, Sulawesi, Maluku & Papua pada rentang usia 18-35 tahun, yang mana pendaftaran bisa secara individu maupun tim melalui gosmart.id atau mudamajubersama.

Peserta nantinya akan diberikan serangkaian program akselerasi secara intensif selama 6 bulan berupa pembekalan dan fundamental startup hingga merealisasikan gagasan idenya hingga menjadi purwarupa atau MVP (Minimum Viable Product). Selama tiga bulan pertama, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk belajar tahapan membangun startup, menemukan dan membentuk tim, mengajukan ide inovasinya, serta berkompetisi mempresentasikan karyanya.

Jemy melanjutkan, 1.000 startup yang terpilih akan melanjutkan perjalanannya dengan diberikan pembinaan berupa webinar, kurikulum yang dibutuhkan, hingga program mentoring. Dari 1.000 startup, 200 startup terpilih akan mendapatkan kesempatan berupa pemahaman memvalidasi dari gagasan inovasi yang diangkat serta cara membuat MVP dari solusi inovasi yang ditawarkan peserta.

"Selama proses kegiatan tersebut, peserta akan didampingi oleh para mentor yang merupakan best practice di bidangnya. Seluruh startup yang terpilih akan mendapatkan hadiah utama berupa bantuan permodalan sebesar Rp 200 juta," sambungnya.

Menurut Jemy, Telkom sudah lama berkecimpung di area inkubasi. Sebab, sejak 2012 PT. Telkom Indonesia (Tbk) berpengalaman membangun inkubator korporasi (Program Indigo Creative Nation), akselerator dan follow-on funding melalui corporate venture capital (PT. Metra Digital Investama, MDI), inkubator karyawan atau intrapreneur (Program Digital Amoeba), hingga inkubator sosial di bidang CSR (Program Wirakarya).

"Kami juga mengembangkan platform pembelajaran seperti Pijar Mahir, Pijar Sekolah serta Digilearn, belum termasuk hasil-hasil inovasi karyawan kreatif seperti Studext, Soundfren, dan Sprinthink. Kami dari Telkom-ITDRI sangat mendukung inisiatif bersama Gojek ini, kami berminat mencurahkan segenap pengalaman dan kapabilitas kami mensukseskan Muda Maju Bersama di KTI,” kata Jemy.

Kredit

Bagikan