BMKG : Tinggi Gelombang di Perairan Bagian Selatan Jabar Capai 4 Meter

user
Endang Saputra 31 Desember 2018, 15:51 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat di pesisir Selatan Jawa Barat untuk mewaspadai gelombang tinggi. Dari pemantauan BMKG, tinggi gelombang di wilayah perairan sebelah selatan mencapai 2 sampai 4 meter.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Bandung, Tony Agus Wijaya mengimbau kepada masyarakat di pesisir pantai Selatan untuk waspada. Khususnya kepada wisatawan yang menghabiskan akhir tahun.

"Kepada wisatawan agar mengikuti petunjuk dan himbauan dari pengelola wisata setempat. Contoh, pengelola wisata melarang mandi di laut, maka harus dipatuhi pengunjung," ujar Tony kepada wartawan, Senin (31/12).

Tony menjelaskan gelombang tinggi di perairan Selatan disebabkan kecepatan angin di laut meningkat. Menurutnya kecepatan angin di laut selatan jabar mencapai 50 km/jam

"Jadi penyebabnya karena kecepatan angin di laut meningkat," kata dia.

Adapun untuk tinggi gelombang di perairan bagian Utara berbeda dengan di perairan bagian Selatan. Berdasarkan catatan BMKG untuk tinggi gelombang di perairan bagian Utara yakni 1,5 sampai 2,5 meter.

Kredit

Bagikan