Bank Bukopin lakukan sinergi dengan perusahaan asal Korea

user
Endang Saputra 05 September 2018, 11:36 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bank Bukopin melakukan pengembangan bisnis dengan bersinergi bersama KB Financial Group, perusahaan asal Korea. KB Financial Group merupakan perusahaan induk dari KB Kookmin Bank. KB Financial Group juga kini menjadi salah satu pemegang saham Bank Bukopin.

Direktur Utama Bank Bukopin, Eko Rachmansyah Gindo mengatakan, sebagai bank terbesar di Korea, KB Kookmin Bank mempunyai basis kekuatan pada sejumlah produk, layanan dan infrastruktur. Untuk itu, dengan adanya sinergi ini memungkinkan untuk Bank Bukopin mengembangkan empat bidang.

"Dalam waktu dekat ini yang paling memungkinkan adalah adanya kerjasama empat bidang, yaitu pengembangan sistem untuk produk dan layanan kredit konsumer, perbankan digital dan teknologi informasi, bisnis perbankan internasional, serta penyempurnaan manajemen risiko dan kepatuhan," ujar Eko kepada Merdeka Bandung, Selasa (4/9).

Sinergi bisnis antara kedua perusahaan ini sangat memungkinkan dilakukan mengingat kedua institusi sama-sama memiliki fokus pada segmen ritel. Perusahaan tersebut resmi masuk menjadi salah satu pemegang saham Bank Bukopin setelah mengikuti Penawaran Umum Terbatas IV tahun 2018. Saat ini Kookmin memiliki 22 persen saham Bank Bukopin.

Kookmin merupakan perusahaan keuangan nomor satu di Korea dari sisi jumlah nasabah, yaitu sebanyak 60 persen dari total populasi Korea, sementara kapitalisasi pasar perusahaan tersebut juga berada pada peringkat pertama di Korea yaitu sebesar 19,7 miliar dolar Amerika.

Total asset KB Financial Group mencapai 413,1 miliar dolar Amerika dan memiliki jaringan kantor yang tersebar di 1.055 titik, menjadikan Kookmin sebagai perusahaan dengan jaringan kantor terbanyak di Korea per 30 juni 2018.

"Bank Bukopin berkeinginan untuk mengadopsi sistem dan proses bisnis yang dimiliki Kookmin Bank untuk mengoptimalkan bisnis konsumer dan UMKM di Bank Bukopin. Dia menjelaskan fokus utama dari sinergi di bidang ini diantaranya adalah untuk memacu pertumbuhan pembiayaan perumahan, kendaraan bermotor dan UMKM di Bank Bukopin,” jelasnya.

Dengan model bisnis yang lebih cepat dan efisien, Eko optimis Bank Bukopin akan dapat lebih berpotensi memacu pertumbuhan pada bisnis konsumer dan UMKM.

Sementara itu, rencana sinergi kedua belah pihak dibahas dalam pertemuan antara manajemen kedua Perusahaan di kantor pusat KB Financial Group di Seoul, Korea, pekan lalu.

Dalam pertemuan tersebut jajaran manajemen Bank Bukopin antara lain diwakili oleh Direktur Utama Eko Rachmansyah Gindo, Direktur Operasi dan Teknologi Informasi Adhi Brahmantya, dan Direktur Keuangan dan Perencanaan M. Rachmat Kaimuddin. Sementara dari pihak Kookmin hadir CEO KB Financial Group, CEO KB Kookmin Bank, serta jajaran Manajemen anak perusahaan KB Financial Group lainnya.

Kredit

Bagikan