Kerjasama sister city, Kota Suwon akan bantu kembangkan industri fesyen di Bandung

user
Endang Saputra 03 April 2018, 16:44 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung terus mempererat kerjasama dengan sejumlah kota di negara lain. Salah satu upayanya yaitu lewat sister city.

Salah satu sister city Kota Bandung yaitu dengan Kota Suwon, Korea Selatan. Kerjasama yang berjalan hampir 21 tahun, sampai saat ini terus berlanjut dan memberi perkembangan yang lebih baik. Kota Bandung dan Kota Suwon telah berkerja sama di bidang Ekonomi, sosial budaya, pendidikan, kesenian, pariwisata dan olahraga.

Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kota Bandung, Dodit Ardian Pancapana mengatakan, rombongan dari tiga universitas di Korea Selatan yaitu Ajou University, Kyung Hee University, Sungkyunkwan University dan Suwon Center for Internasional Cooperation datang ke Kota Bandung untuk menawarkan pendidikan di Kota Suwon Korea Selatan. Kedatangannya tersebut bertujuan untuk memperkenalkan pendidikan yang ada di Kota Suwon.

Selama berada di Kota Bandung, mereka mendatangi sekolah menengah atas seperti SMA 3, SMA 5, SMA 8 dan SMA 2. Selain itu, ada juga pameran pendidikan yang akan diselenggarakan di kampus di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur.

"Mudah-mudahan pameran pendidikan ini membuahkan hasil yang baik. Salah satunya mendapatkan pengertian dan keuntungan dari Kota Bandung maupun Kota Suwon," ujar Dodit.

Diketahui, Korea Selatan merupakan salah satu pusat tren fesyen di dunia. Maka dari itu, universitas di Kota Suwon pun mengajak untuk terus mengembangkan ilmunya di bidang fesyen.

"Yang ingin dorong salah satunya anak-anak muda Bandung juga belajar industri kreatif. Ini menjadi potensi yang besar kalau kolaborasi dilakukan bersama mereka," kata dia.

Dodit berharap, kunjungan dari Kota Suwon ini memberi dampak yang positif bagi masyarakat kota Bandung.

"Dengan saling bertukar pikiran dan saling berbagi ilmu, maka hasilnya pun akan baik. Intinya kolaborasi ini harus tetap maju," ungkap Dodit.

Salah satu perwakilan dari Ajou University, Sang Hyum Lee menyampaikan, dirinya senang berada di Kota Bandung. Kota yang terus berkembang membuat dirinya betah berlama-lama di kota Kembang ini.

Menurutnya, pendidikan, sosial budaya dan sebagainya yang dimiliki Kota Bandung membuat beberapa sekolah ingin berkunjung ke kota Bandung.

Kredit

Bagikan