Kereta api Argo Parahyangan kini super nyaman rute Bandung - Jakarta

user
Endang Saputra 01 Maret 2018, 16:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi Anda yang akan menempuh perjalanan Bandung ke Jakarta ataupun sebaliknya, kereta api bisa menjadi pilihan. Apalagi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) baru saja meluncurkan kereta api baru dengan fasilitas super nyaman.

Direktur Keselamatan dan Keamanan merangkap Direktur Komersial PT KAI (Persero), Apriyono Wedi Chresnanto mengatakan, rangkaian yang digunakan untuk kereta api argo parahyangan ini merupakan armada baru dengan body stainless steel.

"Ini adalah rangkaian kereta buatan dalam negeri dengan kualitas yang bagus. Untuk body nya sendiri menggunakan stainless steel yang lebih tahan karat dan cat stripping yang minimalis," ujar Apriyono saat jumpa wartawan di Stasiun Kereta Api Bandung, Kamis (1/3).

Bahan untuk body dari rangkaian ini, kata dia, berbeda dengan bahan yang selama ini dipakai KAI, yakni mild steel. Kereta produksi PT Inka tersebut adalah bagian dari program regenerasi sarana kereta yang sudah tua.

KAI akan mendatangkan total 438 kereta yang terdiri dari 38 trainset atau rangkaian kereta api dengan rincian 210 kereta eksekutif, 150 kereta premium, 39 kereta makan dan 39 kereta pembangkit yang direncanakan datang mulai Februari 2018 sampai dengan Maret 2019.

Selain tampilan luar yang tampak sangat berbeda, di bagian interior pun, KAI menyematkan berbagai fasilitas yang akan memanjakan pengguna setia KAI.

Salah satunya adalah jumlah toilet di masing-masing kereta atau gerbong yakni sebanyak dua buah yang terletak bersebelahan. Di KA Argo Parahyangan ini semua toilet adalah toilet duduk.

Penumpang pun bisa mengetahui apabila toilet dalam keadaan kosong ataupun terisi dengan adanya indikator di pintu toilet maupun di papan informasi elektronik yang menempel pada dinding kereta di dekat toilet.

Para pelanggan setia KAI juga semakin nyaman dengan adanya sandaran kaki yang lebih fleksibel, lampu tidur dan baca, meja mini yang bisa dilipat di sandaran tangan, serta bagasi kabin yang ada pembatasnya untuk tiap-tiap penumpang.

Untuk kebutuhan multimedia, KAI juga meng-upgrade layar monitor untuk tayangan-tayangan hiburan di atas KA. Sebanyak empat buah layar monitor terpasang di dalam setiap kereta.

Dua unit monitor berukuran 32 inci terpasang di ujung depan dan belakang, serta dua layar berukuran 19 inci menggantung di langit-langit kereta.

Penambahan fasilitas lain yang menonjol adalah adanya lubang audio jack di setiap tempat duduk. Fungsi dari audio jack ini sendiri adalah untuk mendengarkan tayangan yang sedang diputar di monitor dengan memasukkan earphone atau headset.

Fasilitas ini diberikan KAI untuk memenuhi privasi setiap penumpang akan suara yang keluar dari tayangan monitor tersebut. Sebab, tayangan monitor tidak mengeluarkan suara dari speaker layaknya yang terdapat pada kereta api-kereta api yang terdahulu.

"Ini diproduksi oleh anak bangsa yaitu PT inka. Ini bagian dari inovasi kereta api. Rangkaian ini produk baru dari nol, bukan kereta yang direnovasi. Memang benar-benar produk baru. Harga tiket tetap tidak ada perubahan. Penyebarannya ada yang di Jawa dan sumetara," katanya.

Kredit

Bagikan