Aher nilai PKH jadi pengentas kemiskinan paling berhasil

user
Endang Saputra 01 Maret 2018, 12:47 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, dibandingkan beberapa program pengentas kemiskinan yang dibuat pemerintah, hanya Program Keluarga Harapan (PKH) yang dinilainya begitu efektif.

"Di antara program pengentasan kemiskinan, saya rasa PKH ini program anti kemiskinan yang paling berhasil di antara program lainnya," ujar pria yang akrab disapa Aher kepada Merdeka Bandung, Kamis (1/2).

Kata Aher, program PKH ini benar-benar tepat sasaran. Bantuan yang diberikan kepada keluarga kurang mampu ini memang dimanfaatkan dengan baik.

Hal tersebut rupanya diiyakan oleh Menteri Sosial, Idrus Marham. Disebut sebagai program yang paling berhasil, ia berharap Jawa Barat berhasil mengurangi kemiskinan.

"Pak Gubernur saja bilang ini berhasil, kita dukung terus agar bisa keluar dari kemiskinan," kata dia.

PKH sendiri merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH.

Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Kredit

Bagikan