Nuansa nyaman berburu batik di rumah batik Cipaku

user
Endang Saputra 05 Februari 2018, 14:29 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Batik, kain tradisional khas Indonesia ini memang memiliki ragamnya yang cukup banyak. Berbagai kota seperti Cirebon, Pekalongan, hingga Solo memiliki motif batiknya sendiri yang menjadikan itu adalah ciri khas.

Namun, untuk berburu batik dari berbagai daerah di Tanah Air, tak perlu melancong jauh-jauh ke kota asalnya. Soalnya, di Bandung ada sebuah tempat berburu batik yang menawarkan tempat sangat nyaman serta koleksi batik nan lengkap.

Adalah Rumah Batik Cipaku. Tempat berburu batik di Jalan Cipaku Indah ini menawarkan konsep yang sangat nyaman. Berada disebuah komplek perumahan di Kawasan Setiabudi, Rumah Batik Cipaku memang merupakan rumah dari sang empunya yang kemudian disulap menjadi sebuah toko.

Pemilik Rumah Batik Cipaku, Yoga M. Anugrah mengatakan, konsep nyaman yang ditawarkan oleh tempatnya ini karena ia berupaya untuk mencukupi segala kebutuhan dari keluarga. Mulai dari ibu, ayah, hingga anak-anaknya.

"Di sini kita mau banyak kursi. Jadi saat ibu nya pilih-pilih kain, bapak-bapak bisa sambil nyantai duduk-duduk. Dengan konsep rumah, saya sangat jaga sirkulasi udara rumah ini. Kenyaman dan kelengkapannya menjadi poin utamanya," ujar Yoga kepada Merdeka Bandung, Senin (5/2).

Bicara soal produk batik, mulai dari batik yang diprint, hingga batik tulis ada di sini. Serta untuk jenis kainpun, Rumah Batik Cipaku memiliki batik yang dibuat diatas kain katun, hingga kain sutra yang dikenal memiliki harga fantastis.

"Kita enggak hanya menjual kain batik, produk jadi juga ada. Bahkan, buat mereka yang punya model sendiri juga bisa jahit di sini. Jadi, orang ke sini bisa pilih kain, gambar modelnya gimana, lalu jahit di sini," papar dia.

Di atas tanah seluas 1.200 meter, Rumah Batik Cipaku tak pernah sepi pengunjung. Khususnya pada akhir pekan, tempat ini selalu ramai. Kata Yoga, 60 persen tamu yang berkunjung ke tempatnya adalag orang Bandung.

Menyinggung soal harga, Rumah Batik Cipaku membanderolnya mulai dari Rp 55 ribu hingga Rp 10 juta, sedangkan untuk ongkos jahitnya dimulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta tergantung pada model serta jenis kain yang akan dijahit.

Harga beragam yang ditawarkan ini guna menjaring pasar yang luas. Dengan begitu, diharapkan Rumah Batik Cipaku mampu menjaring lebih banyak pembeli dari berbagai kalangan berbeda.

Kredit

Bagikan