Sekda Jabar : Mudik jangan bawa keluarga dari desa ke kota

user
Farah Fuadona 22 Juni 2017, 12:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa mengimbau, pada PNS yang ada di lingkungan Provinsi Jawa Barat tidak membawa sanak saudara dari desa ke kota. ‎Sebab membawa saudara ke kota juga tidak menjamin kehidupan lebih baik.

"Pulang mudik, ajak mereka tetap tinggal dan berusaha di desa. Masih banyak pekerjaan di desa yang upahnya enggak terlalu beda dengan di kota. Jadi PNS yang mudik tidak membawa sanak keluarga juga tidak menambah beban kota, kecuali keluarganya ada yang akan bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi‎," kata Iwa di Gedung Sate, Bandung, Kamis (22/6).

Dia mengingatkan, pada pemudik agar menguatkan sanak saudara yang ada di desa, bekerja sebagai petani tidak perlu malu untuk berusaha. Dari survey yang ia dapat, sektor pertanian dan perkebunan peluang kerja saat ini terbuka lebar.

"Jadi para pemuda di desa tidak usah gengsi bekerja di sektor ini," imbuhnya. Dia mengatakan, pemerintah sendiri tidak pernah lupa untuk memberikan perhatiannya pada desa, dimana pembangunan desa tengah dipacu untuk terus tumbuh.

Dia meminta agar para PNS yang akan bersilaturahmi ke kampung halaman bersikap hati-hati saat meninggalkan rumah. Dia mengingatkan sebelum berangkat kunci, air, listrik, kompor diperiksa agar tidak menyebabkan musibah saat ditinggalkan.


"Atap juga diperiksa, jangan sampai ditinggalkan bocor. Setelah beres, pamit pada tetangga sekaligus menitipkan rumah, agar silaturahmi tenang dan saat ditinggalkan aman," jelasnya.

Dia juga mengingatkan kembali pada PNS agar bisa memanfaatkan benar waktu cuti bersama untuk bersilaturahmi. Lalu pulang ke kota asalnya kembali bekerja dengan normal. "Pulang lagi dan kembali bekerja tidak boleh telat, sudah ada cuti bersama dan itu cukup," katanya.

Kredit

Bagikan