Pembangunan tol dalam Kota Bandung segera dimulai tahun ini

user
Mohammad Taufik 23 April 2017, 14:38 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR akan memulai Proyek Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) pada tahun ini. Melalui proyek BIUTR ini akan banyak flyover baru dibangun di Kota Bandung.

Pria yang akrab disapa Emi ini mengatakan, untuk tahap pertama akan dibangun Flyover yang menghubungkan Gerbang Tol Pasteur ke Pasupati. Flyover di Pasteur ini menjadi yang pertama dibangun dalam rangkaian BIUTR.

"Ya Alhamdulillah kalau tidak ada halangan, proyek-proyek BIUTR segera dimulai. Saya laporkan tahun ini kita mulai dari pintu Tol Pasteur akan dibangun flyover sampai Pasupati yang suatu hari berujung ke Cileunyi," ujar Emil kepada wartawan.

Menurut Emil, nantinya flyover yang dibangun melewati Jalan Suci ada opsi untuk menggunakan opsi double dekker (jalan bertingkat). Tujuannya supaya tidak menggunakan lahan yang terlalu luas untuk pembangunan flyover.

"Nah nanti yang lewat Jalan Suci ada opsi double dekker. Jadi jalan layangnya itu dua lapis, satu arah ke Barat ada di bagian atas, dan satu arah ke Timur ada di bawahnya. Sehingga tidak perlu melebarkan terlalu besar, ternyata itu menjadi solusinya," katanya.

Menurut Emil, dari hasil rapat yang digelar bersama Dirjen Bina Marga PUPR, ditargetkan acara peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan flyover Pasteur dapat segera dimulai tahun ini

"Nah komitmennya tahun ini mudah mudahan sudah bisa groundbreaking di 2017 supaya menyelesaikan permasalahan (kemacetan)," ujarnya memungkasi.

Kredit

Bagikan