Mengapa beruang di bonbin Bandung kurus? Begini jawaban pengelola

user
Farah Fuadona 19 Januari 2017, 14:02 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kardit, nama beruang madu koleksi Kebun Binatang Bandung menjadi sorotan berbagai pihak. Beruang Madu berusia 20 tahun ini mendadak ramai diperbincangkan oleh masyarakat setelah diberitakan oleh salah satu media asing terkait kondisinya yang dinilai memprihatinkan.

Salah satu komunitas pecinta satwa, Yayasan Scorpion Indonesia, bahkan membuat petisi di situs Change.org. Petisi tersebut yang ditujukan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk menyelamatkan beruang madu di Kebun Binatang Bandung.

Humas Kebun Binatang Bandung (KBB) Sudaryo menyebut ada berbagai faktor penyebab ukuran fisik Kardit yang tergolong kecil bila dibandingkan beruang lainnya. Dia menduga salah satu penyebabnya karena faktor genetik.

"Bisa aja karena faktor turunan ya. Kan manusia juga karena turunan bisa kurus, tapi sehat kan. Ada turunan gemuk bisa aja kan. Kan sama turunan makhluk seperti itu," ujar Sudaryo kepada wartawan di Kebun Binatang Bandung, Jalan  Tamansari, Kamis (19/1).

Di kandang yang ditempati Kardit, ada empat ekor beruang yang terdiri dari 3 ekor betina dan 1 ekor jantan. Kardit adalah satu-satunya beruang jantan di kandang tersebut. Beruang Madu tersebut berasal dari Sumatera.

Menurut Sudaryo, pihaknya selalu rutin memberi makan beruang-beruang tersebut. Beruang-beruang itu diberi makan pepaya dan pisang dua kali sehari yakni saat pagi dan siang. Hal itu rutin dilakukan untuk memenuhi kesehatan satwa.

 Kalau vitamin biasa kita kasih rutin. Vaksin itu untuk kesehatannya kan supaya terjaga. Sekarang kita apa perlu mereka (Beruang) gemuk? Kan enggak kan, yang diperlukan pengelola kan sehat," katanya.

Sudaryo pun kembali menegaskan bahwa dari hasil pemeriksaan dokter internal Bonbin Bandung, kondisi mereka  dinyatakan sehat.

"Kondisinya sehat normal. Artinya dari makan dan cara makan, pergerakan, itu semua normal. Yang penting bahwa sampai hari ini di usia 20 tahun ini sehat," ujar Sudaryo.

Kredit

Bagikan