1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Ratusan warga di Rusunawa Cingised Bandung jadi peserta BPJS ketenagakerjaan

"Siapapun yang sudah bekerja, dan apapun profesinya harus terjamin dan terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan".

©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 20 Agustus 2018 17:07

Merdeka.com, Bandung - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci menyerahkan sertifikat dan kartu kepesertaan kepada seluruh warga yang berada di Blok V Rusunawa Cingised, Kota Bandung. Penyerahan sertifikat dan kartu kepesertaan secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Suhedi kepada perwakilan warga Rusunawa.

Suhedi mengatakan, agenda penyerahan kartu kepesertaan ini merupakan bentuk kepedulian BPJS Ketenagakerjaan kepada warga Rusunawa yang sudah bekerja namun belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Siapapun yang sudah bekerja, dan apapun profesinya harus terjamin dan terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Karena Resiko kecelakaan kerja yang menimpa tenaga kerja tentunya tidak pernah dikehendaki oleh setiap tenaga kerja. Untuk itu BPJS Ketenagakerjaan hadir memberikan perlindungan tersebut agar para pekerja dapat bekerja lebih nyaman," ujar Suhedi Senin (20/8).

Suhedi menjelaskan, berdasarkan undang –undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan tujuan untuk memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarga, serta memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat.

Saat ini terdapat 158 orang warga Rusunawa Blok V yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Seluruh peserta berasal dari beragam profesi pekerjaan seperti guru honorer pendidikan, pekerja bengkel, pedagang dan pekerja pabrik. Sebelumnya diketahui total Blok yang berada di Rusunawa tersebut sebanyak 5 blok, namun baru 1 blok yang mendaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui penyerahan kartu kepesertaan antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci dengan seluruh pekerja yang ada di Rusunawa Blok V ini diharapkan dapat menjadi contoh untuk para pemberi kerja lainnya, khususnya yang berada di blok Rusunawa yang belum mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, perwakilan warga, Nurdin, mengungkapkan pentingnya mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bagus dan sangat membantu para pekerja. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan karena sekarang saya merasa lebih nyaman dan tenang dalam bekerja. Besar harapan semoga BPJS Ketenagakerjaan tidak pernah lelah dalam memberikan sosialisasi kepada seluruh pekerja, agar makin banyak pekerja yang sadar akan pentingnya jaminan sosial," katanya.

 

(ES/DR)
  1. Info Kota
  2. BPJS
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA