1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Pentingnya Peran Ibu Untuk Kontrol Diabetes Dalam Keluarga

"Peran ibu penting karena biasanya ibu adalah seorang 'manajer' dalam keluarga".

Made Budiramdani. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 18 November 2019 13:11

Merdeka.com, Bandung - Ada banyak cara untuk mengontrol penyakit diabetes. Salah satunya adalah peran ibu yang amat dianggap penting dalam keluarga.

Ibu memiliki peran penting untuk mengontrol diabetes dalam keluarga. Soalnya, ibu kerap dianggap sebagai manajer yang mengontrol serangkaian aktivitas sehari-hari.

Manager Customer Development Tropicana Slim Jawa Barat, Made Budiramdani mengatakan, bila diibaratkan sebuah perusahaan, ibu adalah seorang manajer.

"Peran ibu penting karena biasanya ibu adalah seorang 'manajer' dalam keluarga. Ibu yang mengatur pola makan, ngajak olahraga ke anggota keluarga, dan mengatur pola istirahat," kata Made saat ditemui dalam acara Senam Sehat #Hands4Diabetes.

Pentingnya peran ibu membuat pihaknya mengajak para orangtua khususnya ibu-ibu untuk lebih peduli terhadap penyakit diabetes.

Selain itu, Tropicana Slim juga mengajak ibu-ibu untuk lebih dalam mengetahui tentang penyakit ini. Mengingat diabetes merupakan salah satu penyakit dengan angka penderita yang tinggi di Indonesia.

Sementara itu, untuk menyemarakkan World Diabetes Day (Hari Diabetes Sedunia), tahun ini Tropicana Slim kembali mengajak keluarga Indonesia cegah dan lawan diabetes melalui kampanye #Hands4Diabetes.

Memasuki tahun keenamnya, kampanye #Hands4Diabetes mengangkat tema “Keluarga dan Diabetes”, untuk mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa setiap anggota keluarga memiliki peran besar untuk pencegahan diabetes, sekaligus mendukung anggota keluarga yang telah menyandang diabetes.

Sebagai Brand yang melalui mengajak keluarga Indonesia cegah diabetes sejak dini melalui cek gula darah secara berkala, aktif bergerak, menjaga pola makan serta edukasi batasi asupan gula. Senam Sehat #Hands4Diabetes 2019 dilaksanakan serentak dan secara live di 37 kota di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bogor, serta Bandung.

Di Bandung, sebanyak 1.200 peserta #Hands4Diabetes yang terdiri dari ayah, ibu dan anak, dengan antusias berkumpul dan mengikuti rangkaian kegiatan pada hari ini. Para peserta mengikuti jalan santai, senam sehat keluarga, cek gula darah gratis, serta berbagai kegiatan yang seru dan edukatif di berbagai booth acara, seperti Cek kesehatan dan bazar makanan sehat.

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Hasan sadikin dan FK UNPAD 95 kegiatan #Hands4Diabetes

Brand Manager Tropicana Slim, Noviana Halim mengatakan, tahun ini Tropicana Slim mengangkat tema ‘Keluarga dan Diabetes’ sesuai dengan tema peringatan Hari Diabetes Internasional, di mana diperlukan semangat dan kesadaran seluruh anggota keluarga untuk bersama-sama cegah dan lawan diabetes.

"Semangat ini pun diturunkan dalam bentuk ‘Senam Keluarga Lawan Diabetes’, hasil kolaborasi RSCM FKUI, Tropicana Slim, dan Sobat Diabet. Gerakan senam sehat ini terdiri dari dua jenis olahraga, yaitu olahraga aerobik untuk melatih jantung, serta olahraga resisten untuk melatih otot tubuh," jelas Noviana.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bagi keluarga Indonesia yang tidak dapat mengikuti #Hands4Diabetes hari ini, video Senam Keluarga Lawan Diabetes dapat diunduh di YouTube Tropicana Slim.

Menurut American Diabetes Association pada jurnal Diabetes Care, kombinasi latihan aerobik dan latihan resisten ini lebih efektif memperbaiki sensitivitas insulin sehingga gula darah tetap stabil bagi diabetisi.

"Tentunya, tidak lupa diiringi dengan membatasi asupan gula tiap hari, agar diabetes jauh dari kita dan keluarga,"katanya.

 

(ES/AA)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA