1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Pemkot Bandung Bersama Polrestabes Gelar Rekayasa Lalu Lintas di Sukajadi

"Hari ini koridor Sukajadi yang biasanya harus berputar, hari ini kita luruskan supaya arus lalu lintas lebih lancar," ujar Yana.

Wakil Wakil Kota Bandung Yana Mulyana. ©2019 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 17 Januari 2019 12:56

Merdeka.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Polrestabes Bandung kembali menggelar rekayasa lalu lintas. Sebelumnya dilakukan di wilayah Antapani, kali ini ini rekayasa lalu lintas dilakukan di Sukajadi.

Ujicoba lalu lintas dipimpin langsung Wakil Wakil Kota Bandung Yana Mulyana dan Kasatlantas Polrestabes Bandung AKPB Agung Reza. Barier yang semula dipasang di persimpangan setelah taman Sukajadi kembali dibuka. Sehingga kendaraan dari arah Sukajadi atas dapat langsung lurus tanpa harus memutar. Begitu juga kendaraan yang dari arah PVJ dapat langsung lurus ke arah Sukajadi atas.

Sementara, kendaraan dari arah Jalan Bungur tidak dapat melintas langsung ke Jalan Cemara. Sehingga harus berputar ke arah Sukajadi atas. Begitu juga kendaraan dari Jalan Sirnamanah tidak dapat langsung melintas ke arah Jalan Karang Tinggal. Sehingga harus memutar ke arah PVJ.

"Hari ini koridor Sukajadi yang biasanya harus berputar, hari ini kita luruskan supaya arus lalu lintas lebih lancar," ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana kepada awak media di lokasi.

Yana menyebut, salah satu pertimbangan pihaknya melakukan rekayasa di Sukajadi karena di wilayah ini menjadi salah satu titik yang sering dilanda kemacetan parah terutama di akhir pekan. Selain itu juga, untuk kendaraan besar seperti bus dan truk sulit bermanuver saat harus berputar di persimpangan ini.

"Sebelum dilakukan rekayasa ini, karena kalau dari Utara harus berputar manuver bus pariwisata cukup sulit. Begitu juga dengan truk. Mudah-mudahan setelah diluruskan biaa mengurangi kemacetan," kata dia.

Yana mengaku, sebelum melakukan rekayasa ini, pihaknya sudah melakukan kajian dengan aplikasi khusus milik Dishub. Dari skema pemodelan aplikasi, Yana mengklaim rekayasa lalu lintas ini dapat mengurai kemacetan.

"Ini kan melakukan rekayasa ini pakai aplikasi. Berdasarkan aplikasi kemarin koordinasi dengan Polrestabes ini titik macetnya memang dari beberapa titik jadi satu titik. Kita akui macet masih ada, tapi dengan rekayasa ini mudah-mudahan terurai," ungkapnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza mengatakan, pihaknya akan memasang barier sepanjang 1,5 km di Sukajadi. Untuk mengurangi kepadatan, pihaknya melakukan kanalisasi.

"Kita akan lakukan kanalisasi. Tapi khusus weekend untuk yang muter di PVJ akan kita tutup. Karena melihat volume kendaraan cukup tinggi," kata dia.

Adapun untuk ujicoba rekayasa lalu lintas di Sukajadi ini akan dilakukan selama Seminggu.

"Kita evaluasi seminggu. Kalau memang baik kita pemranenkan," katanya.

(ES/DR)
  1. Lalu Lintas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA