1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Pandemi Covid-19, Potensi Bisnis Layanan Internet Meningkat

Covid-19 menjadi game changer di tahun 2020 dan berpotensi mendorong percepatan tranformasi digital dari adanya perubahan perilaku masyarakat.

Christian Dwinantyo. ©2020 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 27 Juli 2020 13:46

Merdeka.com, Bandung - Di masa pandemi Covid-19 yang melemahkan banyak bisnis, industri layanan internet seperti fixed broadband internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Potensi yang besar di ranah bisnis ini berjalan seiring dengan tingginya aktivitas masyarakat yang hanya di rumah saja.

Hal tersebut dirasakan oleh PT Link Net Tbk dengan brand First Media mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan optimis terus bertumbuh meski di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan bisnis. Adanya penerapan social atau pyshical distancing serta Work From Home (WFH), mendorong kebutuhan masyarakat terhadap konten-konten digital dan akses ke layanan internet.

Hal ini memberikan dampak pada layanan First Media yang mengalami kenaikan traffic internet secara signifkan sekitar 47 persen, dan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 40 persen pada pertengahan Maret hingga Mei 2020, dibandingkan dengan periode sebelum WFH.

Berdasarkan pencatatan kuartal 1-2020, First Media telah menambahkan 73.629 Home Passed, sehingga total Home Passed menjadi 2,54 juta. Di periode yang sama, peningkatan juga terjadi pada jumlah pelanggan baru yang naik 31.757 pelanggan, sehingga total menjadi 699.962, dimana 32 persen pelanggan baru berasal dari Batam, Semarang, Medan, Solo, Bali, dan kota lainnya.

Hingga akhir Mei 2020, total pelanggan menjadi 743.479, atau naik sebanyak 75.274 pelanggan, jumlah ini melampui total penambahan pelanggan sepanjang tahun 2019 yang mencapai 73.498.

Covid-19 menjadi game changer di tahun 2020 dan berpotensi mendorong percepatan tranformasi digital dari adanya perubahan perilaku masyarakat, yang kini semakin dituntut untuk mampu beradaptasi dengan aktivitas dan layanan berbasis teknologi digital.

Menghadapi hal ini, First Media dalam bisnisnya menerapkan empat fokus utama yakni; Service Quality, Business Continuity Plan, Corporate Social Responsibility (CSR), dan dukungan untuk tetap produktif selama Work From Home dan Online Learning.

Head of Operation & Business Unit Strategic Development PT Link Net Tbk, Christian Dwinantyo di acara Virtual Exclusive Interview yang diselenggarakan pada Rabu (22/7) mengatakan, First Media berkomitmen untuk selalu menjaga service quality kepada pelanggan, dimana saat ini sangat dibutuhkan koneksi yang stabil untuk mendukung aktivitas bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

"Di Jawa Barat sendiri sampai akhir Mei 2020, mencatat penambahan Home Passed menjadi 178.000 dengan pertumbuhan rata-rata jumlah pelanggan baru mencapai sekitar 62 persen. Hal ini memacu kita untuk terus selalu memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan," kata Christian.

Di kesempatan yang sama, Business Unit Head wilayah Jawa Barat PT Link Net Tbk, Donny Armando Razalie turut menjelaskan, selama masa pandemi First Media terus berkomitmen untuk mendukung aktivitas dan produktivitas keluarga Indonesia melalui kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, yang telah dijalankan sejak Maret lalu. Selain itu, First Media juga terus berpartisipasi dalam memberikan apresiasi bagi tenaga medis yang masih terus menangani pasien COVID-19.

"Beberapa kegiatan program CSR yang kami lakukan diantaranya, menyerahkan bantuan 800 APD berupa hazmat suit ke 2 rumah sakit yaitu RS Al-Islam Bandung dan RS Gunung Jati Cirebon. Kemudian First Media Jabar memberikan donasi berupa masker medis dan gloves medis melalui Jabar Bergerak - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, pada Jumat, 10 Juli 2020. Selain itu, kami juga menghadirkan First Squad Home Service dengan memberikan penyemprotan disinfektan, masker dan hand sanitizer kepada pelanggan dan calon pelanggan di berbagai wilayah di Jawa Barat,” katanya.

(ES/AA)
  1. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA