1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Oded akan perbanyak bank sampah di Kota Bandung

Pemkot Bandung telah bekerja sama dengan berbagai instansi yang fokus mengelola sampah.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial . ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Rabu, 08 Agustus 2018 12:11

Merdeka.com, Bandung - Sampah masih menjadi persoalan yang klasik yang melanda wilayah perkotaan, termasuk Kota Bandung. Untuk itu diperlukan beragam upaya lewat inovasi untuk mengelola sampah.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Bandung akan mengembangkan model pengelolaan sampah. Salah satunya dengan menghadirkan bank sampah yang telah terbukti jitu mendidik warga untuk memperlakukan sampah dengan tertib sejak di lapis rumah tangga.

Menurutnya, dengan program bank sampah, masyarakat mendapatkan insentif penghasilan tambahan. Masyarakat juga menjadi terbiasa untuk memilah jenis sampah sejak dari rumah tangganya masing-masing. Apabila model pengelolaan sampah dengan bank sampah ini diperluas skalanya maka separuh beban masalah penanganan sampah di Kota Bandung ini dapat ditangani.

"Bank sampah ini akan jadi pendapatan bagi warga. Memang hasilnya belum seberapa. Tetapi semangat untuk berbuat demi lingkungan sekitar yang dituju. Banyak warga yang sudah membuktikannya," ujar Oded kepada wartawan di Balai Kota Bandung.

Terkait kerjasama pengelolaan sampah di Kota Bandung, Pemkot Bandung telah bekerja sama dengan berbagai instansi yang fokus mengelola sampah di antaranya Mother Earth Foundation Filipina dan Pemerintah Kota Kawasaki Jepang.

Ke depannya Oded berencana membuat regulasi pengelolaan sampah serta berupaya meningkatkan kesejahteraan petugas pengelola sampah.

"Ya rumusnya itu kita pikirkan bersama, tentunya dengan Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sektornya dan kerjasama dengan instansi terkait," ungkapnya.

Oded pun akan semakin masif mengajak masyarakat untuk ikut mengelola sampah.

"Saya akan semakin masif mengajak masyarakat Kota Bandung untuk bersama-sama menjaga kebersihan kota Bandung dari mulai sampah rumah tangga sampai ke TPA," katanya.

(ES/DR)
  1. Sampah Bandung
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA