1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Minat warga Bandung tuk lakukan kegiatan berkebun semakin meningkat

"Sayuran buah-buahan banyak yang bilang berhasil mereka tanam artinya masyarakat antusias untuk berkebun," ujar Elly.

©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 06 Agustus 2018 13:19

Merdeka.com, Bandung - Minat warga Bandung untuk melakukan kegiatan berkebun semakin meningkat. Pemkot Bandung melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) yang menggagas program Urban Farming dinilai berhasil untuk kembali menggalakan kegiatan berkebun di lingkungan rumah bagi masyarakat perkotaan.

Kepala Dispangtan Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, pihaknya menggelar Bandung Agri Market (BAM) 2018 sebagai media bagi masyarakat untuk menjual hasil kebunnya. Event pertama yang digelar pada tahun 2018 digelar di sepanjang Jalan Sukarno.

"Tahun ini ada dua kali BAM, nanti yang kedua akan digelar Oktober- November. Evaluasi kami, sayuran buah-buahan banyak yang bilang berhasil mereka tanam artinya masyarakat antusias untuk berkebun," ujar Elly kepada wartawan.

Menurut Elly, dalam acara BAM tersebut warga yang becocok tanam dapat menjual hasilnya kepada warga lainnya. Apalagi buah-buahan dan sayur-sayuran yang dijual tidak menggunakan pestisida.

"BAM ini sebagai media faislitasi dari Pemkot Bandung untuk memasarkan mempromosikan baik sayuran, tanaman hias ataupun buah buahan lokal hasil kampung berkebun dari seluruh RW yang ada di kota Bandung. Masyarakat bisa membeli sayuran lebih segar, sehat, karena tanpa pestisida dan juga lebih murah karena langsung dari petani," kata dia.

Elly mengungkapkan, dengan adanya acara ini juga diharapkan dapat menginsipirasi warga lainnya untuk bercocok tanam. Sehingga kegiatan berkebun di kalangan warga perkotaan semakin meluas lagi.

"Di sini juga menjadi media edukasi karena masyarakat yang ingin mengetahui bagaimana misalnya cara berbudidaya sayuran secara hidropinik juga kita siapkan disini," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut lanjut Elly, pihaknya juga menbagikan bibit tanaman hias, buah-buahan lokal dan ikan secara cuma-cuma kepada warga yang datang.

"Kami memang memberikan bantuan bibit buah-buahan ada 750 pohon. Ada pisang cavendis, stroberi, cabe rawit ada jahe merah ada terong, bibit ikan hias juga. Ini sangat direspon oleh masyarakat sehingga sosialisasi kita pada hari ini untuk masyarakat agar lebih mencintai tanaman alhamdulillah direspon positif," katanya.

(ES/DR)
  1. Pertanian
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA