1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Mentan Wujudkan Kedaulatan Pangan untuk Masyarakat

Gencarnya distribusi alat mesin pertanian (alsintan) serta benih terbaik untuk mencapai target panen raya.

panen padi. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 02 Oktober 2019 13:03

Merdeka.com, Bandung - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah mampu mewujudkan swasembada pangan Indonesia, salah satunya pada produksi beras nasional.

"Hebatnya, Amran Sulaiman enggan dipuji. Buat Amran yang terpenting adalah terus bekerja dengan baik untuk pembangunan pertanian Indonesia," ujar pengamat politik Hendri Satrio, dari siaran berita yang diterima merdeka Bandung Rabu (2/9).

Menurut Hendri, prestasi kedaulatan pangan dan swasembada beras yang dihasilkan Amran Sulaiman selama ini membuktikan bahwa dirinya mampu mengemban tugas dan kepercayaan secara baik dari Presiden Jokowi dan masyarakat.

"Tentu saja langkah Amran Sulaiman yang berhasil mewujudkan swasembada beras akan memberikan rasa nyaman di masyarakat sebab tersedianya konsumsi utama, tidak kekurangan beras," ucap Hendri.

Hendri menuturkan, dengan bukti tercapainya swasembada beras di tangan Amran Sulaiman, seharusnya menjadi landasan pemerintah agar tak perlu lagi menetapkan impor.

Selain itu, Hendri berpendapat, Amran Sulaiman merupakan sosok Menteri yang tergolong banyak membuat gebrakan positif guna mendukung swasembada pangan.

Di antaranya, kata Hendri, gencarnya distribusi alat mesin pertanian (alsintan) serta benih terbaik untuk mencapai target panen raya. Hal itu juga akhirnya mendapatkan hasil memuaskan dengan meningkatnya ekspor pertanian.

Pada tahun 2018 Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bila Indonesia mengalami surplus beras sebanyak 2,85 juta ton.

Dikesempatan lain, saat menghadiri peringatan Hari Tani Nasional 2019 di Pemalang, Jawa Tengah (30/9), Amran Sulaiman menyampaikan bahwa Perum Bulog masih menyimpan cadangan beras pemerintah sebesar 2,5 juta ton.

 

(ES/AA)
  1. Pertanian
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA