1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Mengenal Lebih Dekat Seputar Asset Management Software

"Sehingga perusahaan dapat mengatur waktu yang tepat untuk pembelian aset baru dan tidak menerima jika ada permintaan pengadaan aset".

Komputer . ©2021 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Rabu, 22 September 2021 10:15

Merdeka.com, Bandung - Asset Management Software merupakan sebuah software yang memberikan kemudahan untuk perusahaan dalam melakukan operasional bisnis, keuangan maupun proses pembukuan. Dengan menggunakan software tersebut, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan penjadwalan untuk perawatan, melakukan pemantauan terhadap penggunaan aset, dan hal-hal lainnya.

Hal tersebut dikatakan oleh Syahda Ahyar sebagai warehouse supervisor di PT Jaya Wisnu Logistik, manfaat menggunakan asset management software untuk mendukung perusahaan yang menjalankan bisnis dari skala yang beragam.

Asset management software atau software Manajemen Aset hadir untuk mendukung perusahaan yang menjalankan bisnis dari skala yang beragam, baik skala UKM, usaha kecil hingga menengah, maupun skala industri.

"Software inilah yang akan membantu perusahaan dalam melacak, mengkategorisasikan, serta melacak aset perusahaan dalam bentuk fisik seperti mesin, kendaraan, produk, dan lain sebagainya," kata Syahda dalam keterangan tertulisnya.


Aset perusahaan lebih terjaga kondisinya

Menurutnya, salah satu software terbaik, Jurnal by Mekari, memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan pencarian informasi mengenai berbagai asetnya. Aset perusahaan dapat diketahui kondisinya menggunakan software ini.

"Sehingga perusahaan dapat mengatur waktu yang tepat untuk pembelian aset baru dan tidak menerima jika ada permintaan pengadaan aset," ungkapnya.

Mencegah human error

Pengelolaan aset perusahaan dapat terhindar dari resiko human error apabila menggunakan software manajemen aset. Salah satu aktivitas yang dapat memicu terjadinya human error adalah ketika melakukan proses penginputan aset yang jumlahnya mencapai ribuan pada spreadsheet.

"Karena sifatnya berulang-ulang dan membosankan, human error kerap terjadi," tuturnya.

Aset perusahaan dapat dipantau lebih mudah

Kemudian, kata Syahda menggunakan Asset Management Software akan membuat perusahaan lebih mudah dalam memantau berbagai aset yang bergerak cepat. Pergerakan aset yang relatif cepat bisa berupa perpindahan tangan dari satu user ke user lainnya maupun tempatnya berpindah.

"Perpindahan yang cepat tentu sangat merepotkan ketika mengupdatenya di worksheet," kata Syahda.

Saat mengupdate pergerakan aset perusahaan di worksheet yang bergerak cepat secara manual, kecermatan dan kedisiplinan para karyawan sangat diuji karena apabila ada aset yang berpindah tangan namun belum diupdate dalam worksheet, hal tersebut membuat pelacakan aset menjadi sulit. Oleh karena itu, software ini akan sangat membantu aktivitas tersebut.

Meningkatkan kepercayaan perihal laporan keuangan

Pertumbuhan perusahaan dapat diukur melalui laporan keuangan. Karena melalui laporan keuangan itulah pertumbuhan ekonomi perusahaan dapat dilihat, apakah mengalami peningkatan atau penurunan yang mengakibatkan kerugian. Pihak bank, calon investor, serta partner perusahaan sangat membutuhkan laporan keuangan yang dapat dipercaya.

Biasanya nilai serta jumlah aset yang tercantum di neraca keuangan yang sering dilihat oleh pihak-pihak tersebut. Sehingga penggunaan software ini akan meningkatkan kepercayaan ketiga pihak tersebut karena proses audit dapat berjalan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan apabila melakukan audit secara manual.

Dapat membantu mengurangi pembelian aset yang tidak diperlukan

Jika perusahaan tidak melakukan pencatatan secara detail mengenai aset yang dimiliki perusahaan, maka pembelian aset yang kurang diperlukan bisa saja terjadi. Sehingga perusahaan bisa menggunakan Asset Management Software untuk mencegah timbulnya hal tersebut.

"Perusahaan bisa mengetahui mana aset yang sudah hilang, rusak atau masih ada," ujarnya.

Jika mencatat aset perusahaan secara manual, kerap kali hasilnya tidak akurat karena tidak mengetahui bagaimana kondisi aset yang sebenarnya. Tanpa software ini, pembelian aset yang dirasa tidak diperlukan bisa dicegah sehingga tidak ada lagi aset-aset yang terbengkalai, tidak terpantau dan tidak terlupakan dimana lokasi penyimpanannya.

Pembayaran asuransi dan pajak aset perusahaan lebih tertata

Aset-aset perusahaan yang dicatat secara manual sering menimbulkan kerepotan dan membuat beberapa aset yang seharusnya sudah tidak perlu diasuransikan atau dibayar pajaknya masih ada di daftar catatan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan wajib melakukan kegiatan stock opname secara rutin dan berkala.

Agar kegiatan tersebut dapat berjalan lebih cepat dan mudah, maka perusahaan disarankan untuk menggunakan Asset Management Software. Software ini dapat digunakan untuk melakukan pencatatan terhadap aset-aset perusahaan secara up to date sehingga tidak ada lagi aset yang sebenarnya sudah hilang atau rusak namun masih ada asuransi atau pajaknya.

Rekomendasi Software Asset Management Software Terbaik

Ada berbagai macam software aset manajemen yang bisa dipilih oleh perusahaan dengan keunggulannya masing-masing. Perusahaan bisa memilih salah satu dengan menyesuaikan budget. Yang terpenting adalah perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu seperti kebutuhan apa yang bisa dibantu dengan menggunakan software tersebut sehingga bisnis perusahaan bisa berjalan lancar.

Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari merupakan produk software akuntansi populer di Indonesia yang memiliki reputasi baik. Software satu ini membantu operasional pada bisnis perusahaan dan juga pembukuan agar lebih efisien dan lebih mudah. Kegunaan software ini untuk mengelola bisnis dengan program stok barang secara real-time dan menggunakan solusi automasi.

Untuk mengakses software ini pun bisa melalui smartphone maupun komputer kapan saja dan dimana saja sehingga terbilang fleksibel. Asset Management Software ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti perpajakan, produk dan inventory, invoice, biaya dan anggaran, laporan keuangan dan bisnis, kas dan transaksi, serta pembukuan akuntansi.

Ecount ERP

Software Ecount ERP memiliki fitur akuntansi yang lengkap seperti manajemen arus kas, hutang atau piutang, dan akuntansi biaya. Software ini dapat membantu efisiensi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya lebih baik dan tingkat keakuratan mengenai catatan keuangan lebih bagus. Keunggulan lainnya yakni tim professional bisa membantu perusahaan selama 24 jam.

Sage Inttact

Alat keuangan pada software Sage Inttact didukung dengan AICPA dan CPA yang dihadirkan dalam berbagai modul. Software ini lengkap dengan adanya panduan dan video tutorial untuk para penggunanya sehingga lebih mudah saat mengoperasikannya. Keunggulan lainnya adalah adanya kontrol untuk akses para pengguna yang bisa terintegrasi aplikasi lainnya.

Netsuite ERP

Asset Management Software ini merupakan software yang banyak digunakan dan diandalkan perusahaan. Keunggulannya ada pada berbagai fitur yang memudahkan perusahaan dalam menyesuaikan segala kebutuhan terkait bisnisnya. Bahkan, Netsuite ERP juga memberikan akomodasi pada perusahaan dalam mencatat keuangan seperti audit pengeluaran.

Brightpearl

Software ini mempunyai keunggulan yang bisa terkoneksi dengan berbagai platform online shop seperti Shopify, Amazon, BigCommerce, Bay, dan Magento. Brightpearl memberikan kemudahan untuk perusahaan dalam hal pengembangan bisnis serta mengatur perihal alur kerja pada bagian back office. Data penjualan diperbarui secara real time dengan sistem ERP.

gtERP

GES atau Gamatechno Enterprise Suite dalam software gtERP adalah sofware integrasi dari sistem ERP yang dapat memberikan kemudahan dalam proses pengelolaan terkait bisnis perusahaan. Sistem ERP yang diterapkan dalam gtERP bisa digunakan di berbagai bidang seperti enginering, keuangan, hotel, konstruksi, pertambangan, logistik, dan lain sebagainya.

Jurnal by Mekari adalah Asset Management Software unggulan pertama yang banyak digunakan perusahaan karena membantu perusahaan dalam hal operasional untuk bisnis serta pembukuan sehingga lebih mudah dan lebih efisien. Bahkan, software Jurnal by Mekari juga sangat fleksibel karena bisa dioperasikan dimana saja dan kapan saja dengan smartphone atau komputer.

(ES/ES)
  1. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA