1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Memiliki Fungsi dan Bentuk Berbeda, Ini Dia Perbedaan Sleeping Bag dan Bean Bag

"Sleeping bag adalah sebuah kantong tidur yang bisa digunakan untuk kegiatan outdoor".

Bean Bag. ©2020 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Selasa, 01 Desember 2020 14:53

Merdeka.com, Bandung - Perbedaan sleeping bag dan bean bag – Sleeping bag dan bean bag saat ini tengah menjadi salah satu benda atau furniture yang banyak diminati oleh orang-orang.

Kedua benda tersebut banyak dilirik karena memiliki keunikan serta fleksibilitas yang dapat memudahkan penggunanya. Tidak hanya itu, keduanya juga sama-sama nyaman digunakan.

Cindy Halid, Content Writer, Ruparupa mengatakan bahwa baik sleeping bag dan bean bag adalah dua hal yang berbeda. Selain bentuknya, fungsi keduanya pun berbeda. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kedua benda tersebut, berikut adalah informasi yang dapat disimak mengenai perbedaan sleeping bag dan bean bag.

Sleeping Bag

Menurut Cindy Sleeping bag adalah sebuah kantong tidur yang bisa digunakan untuk kegiatan outdoor. Biasanya, sleeping bag banyak digunakan oleh para pendaki ketika pergi ke gunung. Bahannya yang hangat membuat para pendaki dapat tidur dan bertahan di suhu yang dingin.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai sleeping bag.

Jenis bentuk sleeping bag

Lebih lanjut Cindy mengatakan bahwa terdapat tiga jenis sleeping bag yaitu, mummy, envelope, dan humanoid. Ketiganya memiliki tingkat kenyamanan dan kemampuan dalam menahan panas yang berbeda.

"Sleeping bag jenis mummy biasanya cenderung lebih ringan, kompak, dan dapat menahan panas dengan baik. Namun, menyulitkan untuk bergerak. Sleeping bag jenis envelope memiliki bentuk persegi panjang. Tipe ini lebih nyaman dan memudahkan untuk bergerak. Sedangkan sleeping bag jenis humanoid adalah tipe sleeping bag yang paling memudahkan untuk bergerak. Sayangnya, jenis sleeping bag ini tidak banyak dijual di pasaran,"ujar Cindy.

Penutup kepala

Ketika hendak membeli sleeping bag, ada baiknya Anda memilih jenis sleeping bag yang dilengkapi dengan penutup kepala. Penutup kepala pada sleeping bag berfungsi untuk menghangatkan telinga dan wajah dari paparan suhu udara yang dingin.

Bahan sleeping bag

Bahan sleeping bag yang paling nyaman digunakan adalah dacron. Akan tetapi, harga sleeping bag dengan bahan ini masih terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu, sleeping bag dengan alternatif bahan lainnya seperti, parasit yang cukup ringan dan hangat, polyster dengan bahan sintetis yang ringan dan cepat kering, atau polar yang cukup hangat dan lebih minimalis.

Pilih sleeping bag dengan panjang sesuai tinggi badan

Saat hendak membeli sleeping bag, pastikan untuk menyesuaikan ukuran sleeping bag dengan ukuran tinggi taban. Hal tersebut tentunya demi kenyamanan saat menggunakan sleeping bag.

"Sleeping bag dengan lebar 75 cm cocok digunakan dengan tinggi 170-175 cm. Sedangkan sleeping bag dengan lebar 80 cm cocok untuk digunakan bagi yang memiliki tinggi 175-180 cm," kata Cindy

Resleting pada sleeping bag berfungsi dengan baik

Resleting terbaik pada sleeping bag adalah yang berukuran kecil dan rapat. Semakin kecil dan rapat resleting sleeping bag, semakin hangat pula sleeping bag ketika digunakan. Pastikan pula resleting dapat digunakan dengan baik untuk menambah kenyamanan saat pemakaian.

Bean Bag

Lebih lanjut Cindy mengatakan sesuai dengan namanya, bean bag adalah sebuah kantong yang berisi bean atau biji-bijian. Bean bag biasanya digunakan sebagai furniture yang difungsikan untuk tempat duduk, tidur, atau sekedar untuk bersantai. Bean bag juga memiliki fleksibilitas untuk dipindahkan, namun tidak untuk dibawa dalam sebuah kegiatan outdoor. Berikut adalah beberapa hal mengenai bean bag yang perlu Anda ketahui.

Jenis bentuk dan ukuran bean bag

Bean bag memiliki beragam bentuk. Di Indonesia, bentuk bean bag yang paling banyak digemari adalah bentuk pear atau tear drop, karung bulat, dan juga sofa. Ada pula bean bag dengan bentuk karung bulat yang menyerupai drum. Anda dapat memilih jenis bentuk sesuai dengan keinginan Anda. Begitu pula dengan ukurannya. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan luas ruangan yang Anda miliki.

Bahan sarung dan biji isian bean bag

Pemilihan bean bag tentunya perlu disesuaikan dengan lokasi Anda ingin meletakkan bean bag. Apabila ingin meletakkan bean bag di dalam ruangan, dapat memilih bean bag dengan bahan sarung katun atau suede yang lebih lembut. Namun, jika bermaksud untuk meletakkan bean bag di lokasi outdoor, maka sebaiknya Anda memilih bahan kanvas atau nylon yang lebih tahan air. Sementara itu, untuk bagian dalam bean bag biasanya diisi dengan biji-bijian berupa bead beans, styrofoam, dan dakron. Dari keseluruhan isian tersebut, isian terbaik adalah polystyrene beads.

Fungsi dari bean bag

Bentuk dan ukuran bean bag biasanya mempengaruhi fungsinya. Oleh sebab itu, sebelum membeli bean bag, pastikan terlebih dahulu dimana bean bag akan diletakkan. Sesuaikan ukuran bean bag dengan besar dan juga tema ruangan. Misalnya, bean bag yang digunakan sebagai furniture ruang keluarga atau pesta biasanya adalah bean bag sofa, bean bag meja, dan tear drop.

Perhatikan jahitan dan resleting pada bean bag

Saat membeli bean bag, pastikan untuk memeriksa bagian resleting. Pilih resleting yang rapi dan kuat. Hal tersebut tentunya untuk mencegah adanya kebocoran bean bag yang dapat menyebabkan isi bean bag kamu keluar. Pastikan pula resleting bean bag dapat berfungsi dengan baik.

"Demikianlah sedikit informasi mengenai perbedaan sleeping bag dan ban bag yang dapat yang bisa diketahui," ujarnya.

Bagaimana, sudah tahu bukan perbedaan dari kedua benda tersebut?
Dapatkan juga produk produk bean bag dan sleeping bag berkualitas hanya di ruparupa.com. Ruparupa merupakan ecommerce home living dan furniture terlengkap di Indonesia.

(ES/ES)
  1. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA