1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Lima Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Menguntungkan

"Makanya tak heran jika banyak pedagang-pedagang baru yang menjual berbagai macam makanan selama bulan puasa".

Pasar takjil. ©2021 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Selasa, 20 April 2021 08:07

Merdeka.com, Bandung - Bagi umat muslim, Ramadan merupakan bulan penuh berkah, di mana di bulan suci ini masyarakat muslim menjalankan ibadah puasa dan mengerjakan segala perbuatan baik lainnya seperti mengaji, salat, bersedekah dan lainnya.

Di bulan suci ini juga banyak peluang bisnis selama Ramadan yang bisa dilakukan.
Peluang bisnis selama Ramadan cukup banyak dan pastinya sesuai dengan momen Ramadan.

Hal itu dikatakan oleh Feriansyah Seller Shopee, pasalnya selama bulan ini, banyak masyarakat muslim Indonesia yang mengubah pola aktivitas harian mereka untuk memenuhi kewajiban puasa, hal ini mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat.

Menurutnya ada lima peluang bisnis selama Ramadan yang menguntungkan, seperti ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi selama bulan Ramadan, mulai dari bahan makanan, menu sahur dan buka puasa, peralatan ibadah hingga baju muslim untuk menyambut hari raya.

"Hal ini menjadi peluang bisnis yang bisa dilakukan," kata Feriansyah.


Menurutnya ada beberapa peluang bisnis selama Ramadaan yang bisa ditekuni.

Berbagai Menu Takjil

Usaha di bulan puasa yang laris yaitu berjualan berbagai menu takjil. Pasalnya, di bulan puasa ini biasanya banyak orang yang menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit dengan berjalan-jalan keluar rumah untuk mencari menu buka puasa.

"Makanya tak heran jika banyak pedagang-pedagang baru yang menjual berbagai macam makanan selama bulan puasa,"ujarnya.

Untuk memulai usaha, kata Feriansyah di bulan puasa ini cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Bisa menjual berbagai makanan atau minuman ringan saja, seperti gorengan, kue bolu, jus buah, es teh manis, dan lainnya.

Usaha Katering

Peluang bisnis selama Ramadan selanjutnya yaitu membuka usaha katering menu sahur dan buka puasa untuk orang yang tidak sempat memasak. Banyak orang yang sibuk bekerja hingga mereka memilih untuk order katering makanan saja, dibandingkan harus membuatnya.

Menjual Kurma dan Buah-buahan

Menurutnya bahwa masyarakat muslim akan menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan kuat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, salah satunya dengan mengkonsumsi bukan buah-buahan.

"Pasalnya buah-buahan memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari buah pisang, buah pir dan lainnya," kata dia.

Salah satu buah yang meningkat tinggi selama bulan Ramadan yaitu buah kurma. Rasanya tak lengkap jika tidak berbuka dengan buah manis satu ini. Maka tak heran jika kurma menjadi salah satu usaha paling laris di bulan Ramadan.

Berjualan Perlengkapan Ibadah

Selain bisnis makanan, kata Feriansyah juga bisa berjualan perlengkapan ibadah. Pasalnya di momen Ramadan ini, banyak masyarakat muslim berlomba-lomba beribadah untuk mendapatkan pahala dan keberkahan dari-nya.

"Perlengkapan ibadah yang bisa dijual mulai dari kitab suci Alquran, mukenah, sajadah, sarung dan lainnya," ucapnya.

Bisnis Busana Muslim

Kemudian peluang bisnis selama Ramadaan selanjutnya yaitu busana muslim. Bisnis ini terbilang cukup menjanjikan karena banyak masyarakat muslim yang mempersiapkan diri menyambut hari raya idul Fitri. Seperti menjual baju gamis, kerudung, baju koko dan fashion muslim lainnya.

"Jika tidak memiliki modal besar untuk membangun bisnis fashion sendiri, bisa menjadi reseller atau dropshipper. Pastikan menjual fashion yang sedang trend dan diminati masyarakat, agar dagangannya laris manis,"ujarnya.

"Itulah peluang-peluang bisnis selama Ramadaan yang menguntungkan dan patut dicoba. Untuk menjalankan usaha tersebut, bisa membeli bahan atau kebutuhan berbisnis di shopee. Pasalnya shopee menjual berbagai produk yang dibutuhkan, seperti bahan makanan, produk fashion atau perlengkapan ibadah," sambungnya.

Kabar baiknya, shopee mengadakan promo Shopee Big Ramadan Sale yang digelar sejak 7 April hingga 11 Mei untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan shopee. Jangan lewatkan promo ini karena ada berbagai penawaran menarik yang menguntungkan mulai dari goyang berkah 10M, harga promo yang murah lebay dan COD Gratis Ongkir Rp0.

 

(ES/ES)
  1. Ramadan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA