1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Kontribusi BCA Jaga Kelestarian Seni Tanah Air Lewat Wayang

"Wayang yang merupakan budaya asli Indonesia harus dikenal oleh kaum milenial".

Inge Setiawati . ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 15 November 2019 15:49

Merdeka.com, Bandung - Menjaga kelestarian kesenian Tanah Air tentu menjadi tugas setiap insan. Tak hanya perseorangan, namun perusahaan. Seperti yang dilakuman oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

BCA berupaya untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian kesenian Tanah Air terus diwujudkan dan nyatakan dalam beragam program dan kegiatan.

Hal ini diimplementasikan melalui Bakti BCA dalam bidang Budaya, BCA untuk Wayang Indonesia. Salah. Satu kegiatab yang pernah digelar adalah Wayang for Student.

Kegiatan ini digelar oleh BCA belum lama ini dengan tajuk ‘Wayang for Student 2019’ yang pada sata itu menampilkan pagelaran ‘Jaya Perbangsa’ dan Pementasan Wayang yang melibatkan 140 pelajar dan dinikmati 560 siswa dan guru yang berasal dari 7 sekolah di Bandung.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati mengatakan, Wayang for Student diselenggarakan untuk mengenalkan wayang sedari dini kepada anak-anak di Indonesia sebagai warisan yang telah diakui UNESCO sejak 2003.

"Wayang yang merupakan budaya asli Indonesia harus dikenal oleh kaum milenial. Pesan moral yang disampaikan melalui pementasan wayang masih relevan dengan kehidupan kita,” kata Inge kepada Merdeka Bandung.

Lebih lanjut ia menjelaskan, BCA terus berupaya menghadirkan kegiatan yang edukatif dan beragam.

"Oleh sebab itu, BCA terus berupaya melalui ragam program yang edukatif dan fun mengenalkan wayang secara mendalam kepada pelajar di beberapa wilayah Tanah Air, salah satunya di kota Bandung ini,” imbuhnya.

Menurut catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, wayang telah menjadi salah satu dari delapan elemen budaya yang masuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak tahun 2003.

"Wayang dapat berpotensi untuk mengembangkan budaya populer Indonesia. Melalui kegiatan edukasi yang persuasif dan interaktif, wayang dapat mendorong semangat kebhinekaan dan nasionalisme dalam jiwa generasi muda," kata dia.


Wayang for Student diselenggarakan untuk mendekatkan wayang ke lingkungan anak-anak muda di Indonesia yang dapat meningkatkan kecerdasan baik intuisi, emosi, perasaan, nalar, dan naluri.

 

(ES/AA)
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA