1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Kehilangan File, Begini Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus di Komputer

"Kehilangan file itu memang nggak enak. Kadang suka terhapus atau lupa di backup".

Ilustrasi komputer. ©2020 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Senin, 21 Desember 2020 14:53

Merdeka.com, Bandung - Pengelolaan data sudah menjadi kebutuhan sehari hari yang harus di perhatikan. Terlebih disaat pandemi sekarang ini. Dimana semua kegiatan mulai dari ajar mengajar, sampai level enterprise memerlukan organisir data yang baik agar tidak menjadi kerepotan di kemudian hari.

Anda pasti pernah, baik secara sengaja atau tidak, menghapus file penting yang ada di laptop atau PC Windows secara permanen. Kejadian seperti ini tentu mengesalkan apalagi jika file tersebut sedang dibutuhkan.

"Kehilangan file itu memang nggak enak. Kadang suka terhapus atau lupa di backup. Seringnya lupa di backup," Ujar Chief Technology Officer ITsForex.Id, Rendra Yuangga dalam keterangan persnya.

Selama file yang terhapus belum di-overwrite, masih bisa mengembalikan file tersebut. Berikut adalah 3 cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows.


Mode Restore Previous Versions

Jika menggunakan laptop dengan Windows 7, 8 atau 10, tentu bisa mengembalikan file yang terhapus permanen dengan mengembalikan versi sebelumnya. Tapi, pastikan fitur file history sudah aktif sebelumnya.

"Cara mengembalikan filenya dimulai dengan mencari folder tempat file atau folder yang telah terhapus secara permanen. Klik kanan di folder tersebut dan pilih opsi Restore previous versions," Jelas Rendra.

Kemudian lihat daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Pilih versi yang terbaru dan klik Restore untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen.

Mode Backup dan Restore

Metode ini bisa mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop tanpa menggunakan software dan bisa digunakan untuk Windows 7, 8 dan 10. Tapi cara ini hanya bisa digunakan jika memiliki data backup terbaru di Windows backup.

Caranya dengan klik menu Start dengan lambang Windows, kemudian pilih Control Panel. Setelah itu pilih opsi System and Maintenance dan pilih Backup and Restore.

Klik Restore my files dan pilih Browse for files atau Browse for folder untuk memilih backup yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian pilih lokasi tujuan untuk menyimpan file kalian.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Kedua metode di atas bisa dilakukan tanpa menginstal aplikasi tambahan. Misalnya tidak memiliki backup atau tidak bisa melakukan metode di atas, tetapi tetap bisa menggunakan aplikasi untuk mengembalikan file seperti EaseUS Data Recovery Wizard.

"Penggunaan applikasi pihak ketiga ini tidak sepenuhnya jaminan. Namun beberapa diantaranya berhasil menyelamatkan case terdahulu. Contoh softwarenya EaseUS,"kata Rendra.

Caranya, unduh dan instal aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard di laptop atau PC. Setelah itu jalankan aplikasi seperti biasa dan pilih lokasi tempat file yang terhapus.

Klik lokasi tersebut dan pilih opsi Scan. Software ini akan secara otomatis memindai lokasi yang dipilih dan beberapa saat kemudian hasil pemindaian akan ditampilkan di bagian deleted files. Secara mudah, Anda perlu bisa menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard ini sebagai software mengembalikan data.

Setelah itu pilih file yang ingin dikembalikan dan klik Recover untuk menyimpannya di lokasi atau perangkat baru. Setelah itu, klik OK untuk menyelesaikan proses ini.

(ES/ES)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA