1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Jelang penilaian Adipura, Pjs Wali Kota Bandung tinjau Pasar Kosambi

Pasar yang dijadikan contoh baik dari segi kenyamanan maupun kebersihannya. Seperti Pasar Modern Batununggal dan Pasar Cihapit.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Bandung Muhamad Solihin. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 01 Maret 2018 13:05

Merdeka.com, Bandung - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Bandung Muhamad Solihin meninjau pasar Kosambi yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kamis (1/3). Solihin ingin memastikan kebersihan pasar jelang penilaian Adipura dari Kementrian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK) yang akan dilakukan dalam waktu dekat

Solihin sempat meninjau ke dalam pasar Kosambi. Dia ditemani oleh Dirut PD Pasar Bermartabat Ervan Maksum dan Kepala DLHK Kota Bandung Salman Fauzi.

"Sebetulnya tujuan peninjauan ke pasar-pasar ini memang Saya ingin datang kesini. Setiap Minggu saya sebagian warga Kota Bandung suka kesini, tetapi ingin melihat secara langsung mengenai kebersihan Pasar Kosambi. Saya ngobrol dengan Kadis lingkungan hidup memang akan dilaksanakan penilaian adipura," ujar Solihin kepada wartawan seusai meninjau Pasar Kosambi.

Solihin mengatakan, menjaga kebersihan pasar merupakan tanggung jawab bersama baik pengelola pasar, pedagang dan masyarakat. Menurutnya jika pasar tradisional dapat dijaga kebersihannya akan menjadi daya pikat pembeli untuk datang ke pasar. Terlebih lagi dari segi harga, barang yang dijual di pasar tradisional lebih murah.

"Jadi tujuan sebenarnya bukan kita ingin meraih Adipura tetapi ingin membuat kebiasaan baik itu menjadi habit menjadi budaya termasuk di pasar. Sekarang kan pasar harus dibuat nyaman supaya masyarakat kalau belanja jangan ke supermarket," kata dia.

Solihin mencontohkan sejumlah pasar di Kota Bandung yang dapat dijadikan contoh baik dari segi kenyamanan maupun kebersihannya. Seperti Pasar Modern Batununggal dan Pasar Cihapit.

"Itu kan dikelola swasta. Kalau swasta bisa seperti itu berarti kita juga bisa. Kita kembalikan ke niat, niat kita mau bersih mau aman mau nyaman enggak. Kalau niat yuk kita buat niat ini terjaga dengan baik," ucapnya.

Dalam waktu dekat, Solihin pun berencana menggelar kegiatan bersih-bersih pasar. Sejumlah pimpinan termasuk dirinya akan ikut terjun ke ka lapangan untuk bersih-bersih.

"Jadi Minggu depan Insya Allah kita akan coba bersihkan sampah-sampah. Saya ingin datang ke sini sebagai Pjs yang diberikan amanat sementara, Saya ingin bersihkan sampah ini. 'Teu tutunjuk hungkul, ngiringan bebersih' (Tidak hanya menujuk saja, ikut bersih-bersih).
Jadi sama-sama lah," katanya.

 

(ES/DR)
  1. Pasar Tradisional
  2. Info Kota
  3. Kebersihan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA