1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Itenas Buat Mobil Listrik dengan Spesifikasi Pertahanan Militer

"Mobil listrik karya Institut Teknologi Nasional (Itenas) merupakan yang pertama di Jabar".

Mobil Listrik. ©2020 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 06 November 2020 13:19

Merdeka.com, Bandung - Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung membuat sebuah mobil listrik dengan spesifikasi pertahanan militer. Mobil listrik itu pun dikirim ke acara Peringatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan tema 'Listrik Masa Depan, untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin'.

Ini merupakan satu-satunya mobil liatrik dari perguruan tinggi yang dikirim ke acara tersebut. Dengan nama Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle, ini merupakan produk pengembangan mobil listrik ke tiga dengan spesifikasi pertahanan militer.

Mobil ini memiliki kapasitas dua penumpang dengan perlengkapan air cannon yang dilengkapi peluru seberat tiga kilogram serta memiliki kekuatan gempur 5000 Newton. Mobil listrik untuk kebutuhan khusus militer ini diinisiasi pada penelitian yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknik Mesin Itenas Bandung yaitu Tarsisius Kristyadi.

Sebelumnya Institut Teknologi Nasional meluncurkan mobil listrik pertamanya yaitu kendaraan jenis cross over yang diluncurkan pada Tahun 2017. Mobil listrik dengan kapasitas 5 penumpang ini diberi nama Evhero Electric Crossover Gen.1, atau lebih dikenal dengan Mobil Listrik Evhero.

Kemudian, selama 101 hari di tahun berikutnya yaitu pada Mei hingga Agustus 2018 Itenas Bandung juga merancang mobil listrik kedua yang diberi nama V8 Vadi dan diluncurkan pada Bulan September 2018.

Bila mobil listrik Evhero adalah hasil perwujudan dari penelitian kolaboratif antar dosen di Itenas Bandung, V8 Vadi adalah hasil kolaborasi antara kampus Itenas Bandung bersama technopreneur Harry Kiss. Mobil listrik V8 Vadi merupakan mobil dengan jenis sportscar yang memiliki kapasitas 2 penumpang dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat ini dilaksanakan secara online dan offline pada Senin 2 November 2020.

Pada Acara tersebut, setelah Ridwan Kamil meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) yang berlokasi di Area Parkir Timur Gedung Sate, Kota Bandung. Kemudian kang Emil pun melihat-lihat mobil karya anak bangsa yang ditampilkan dalam agenda Hari Listrik Nasional ke-75 ini. Mobil tersebut diberi nama Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle.

"Mobil listrik karya Institut Teknologi Nasional (Itenas) merupakan yang pertama di Jabar dan diharapkan mampu menunjang target jumlah kendaraan listrik di Jabar di masa mendatang," kata Kang Emil sari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

(ES/AA)
  1. Otomotif
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA