1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Inilah Cara Memilih Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta

"Harus memastikan terlebih dulu rincian biaya yang ada di sekolah internasional yang sukai".

SMP di Jakarta/Liputan6.com/Faizal Fanani. ©2021 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Kamis, 14 Januari 2021 14:51

Merdeka.com, Bandung - Pendidikan adalah hal penting untuk setiap anak agar mempunyai masa depan cerah dan lebih baik. Memilih sekolah yang tepat sepertinya agak susah. Terlebih lagi bagi yang berdomisili di Jakarta.

Hal itu dikatakan oleh Dr. Mustafa Guvercin, School Director Sampoerna Academy, ada begitu banyak pilihan sekolah baik yang nasional dan internasional. Memilihkan sekolah internasional untuk anak sepertinya akan menjadi pilihan menarik bagi sang anak. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih sekolah internasional terbaik.

Biaya Yang Dibutuhkan

Sebelum memilih sekolah internasional untuk buah hati, maka harus mempertimbangkan biayanya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa di sekolah internasional membutuhkan biaya besar. Sekolahan ini menawarkan biaya hingga puluhan juta bahkan ratusan juta tergantung program yang dipilih.

"Harus memastikan terlebih dulu rincian biaya yang ada di sekolah internasional yang sukai. Dan bisa membandingkan detail biaya tersebut dengan sekolah-sekolah internasional yang lain agar bisa menentukan sekolahan mana yang sesuai dengan kemampuan finansial yang miliki. Jangan sampai memaksakan keuangan rumah tangga untuk menyekolahkan sang buah hati di sekolahan internasional tertentu," kata Mustafa dalam keterangan persnya.

Fasilitas

Tak hanya biaya saja yang penting sebelum mendaftarkan sang anak ke sekolah internasional. Fasilitas yang ditawarkan juga menjadi pilihan tepat sebelum memilih sekolah internasional. Bisa memperhatikan beberapa fasilitas yang ada dan gedung dari sekolah internasional apakah layak untuk standarisasi sebagai sekolah internasional. Biasanya sekolah internasional memiliki fasilitas penunjang yang luar biasa, bagus, dan juga modern.

"Gedung yang dimiliki juga sangat bagus sehingga para siswa nyaman untuk bersekolah disana. Adanya fasilitas penunjang seperti swimming pool, perpustakaan, ruang musik, beberapa fasilitas olahraga dan lainnya membuat sekolah internasional memang berbeda dengan sekolah negeri ataupun swasta nasional pada umumnya. Fasilitas yang ditawarkan jauh lebih komplit dan modern sehingga para siswa lebih nyaman untuk belajar di sekolah ini," ujarnya.

Pelayanan

Fasilitas yang komplit pastinya sudah didapatkan di sekolah internasional. Tak hanya itu saja, pelayanan prima juga merupakan nilai plus dari sekolah internasional. Bahkan pelayanan ini merupakan elemen penting dan ujung tombak untuk sekolah internasional.

"Sebaiknya memilih sekolah dengan pelayanan terbaik dan prima. Biasanya pelayanan ini adalah alur pendaftaran yang mudah, karyawan dan staff yang ramah dan membantu, dan para guru yang mudah untuk diajak bertukar ide dan komunikasi oleh para siswa. Yang paling penting adalah mekanisme dari birokrasi sekolah yang sederhana," imbuhnya.

Informasi yang Lengkap

Tak hanya melihat beberapa hal diatas saja, lanjut Mustafa sebelum memilih sekolah internasional yang tepat, maka orangtua bisa mengumpulkan informasi yang lengkap terkait sekolah internasional tersebut dan bisa mencari tahu kurikulum serta filosofi dari sekolah tersebut.

"Tak lupa carilah tahu mengenai beberapa kebijakan dan juga layanan yang akan diberikan pihak sekolah untuk para siswa," ujarnya.

Tak ada salahnya, kata Mustafa untuk orangtua terlbeih dulu melihat beberapa pilihan program ekstrakurikuler untuk dipilih para siswa. Biasanya program tersebut meliputi pengayaan akademi, olahraga, bimbingan belajar, dan juga klub.

"Orangtua bisa melihatnya dan menyesuaikan dengan minat dan kemampuan anak. Setiap sekolah internasional biasanya menawarkan berbagai kegiatan tambahan setelah jam sekolah untuk melengkapi pelajaran di dalam kelas," kata Mustafa.

Agar, orangtua memperoleh informasi yang lengkap terkait sekolah internasional di Jakarta, dan bisa mencarinya melalui website resminya, sumber terpercaya, ataupun menelepon pihak sekolah langsung. Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, bisa membandingkan sekolah satu dengan lainnya.

Kurikulum

Mempertimbangkan kurikulum yang dipakai pihak sekolah juga penting. Biasanya ini tergantung dengan keinginan orang tua. Pihak sekolah internasional akan menawarkan dan mengaplikasikan kurikulum internasional yang berbeda dengan kurikulum di dalam negeri.

"Kurikulum ini sudah diakui dan digunakan oleh banyak negara sehingga pastinya memudahkan para siswa yang ingin meneruskan sekolah ke luar negeri,"ujarnya.

Bila Anda tertarik untuk masuk ke sekolah internasional, maka Anda bisa memilih Sekolah Internasional Sampoerna. Sekolah ini bekerja sama dengan pihak universitas luar negeri untuk memfasilitasi para siswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Tak hanya itu saja, sekolah ini juga memiliki fasilitas lengkap, gedung modern, guru yang profesional, dan staff yang mumpuni.

 

(ES/ES)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA