1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Ini Trik Pintar Cara Menjemur Pakaian Tanpa Apek di Dalam Rumah

"Pasalnya bahan yang tipis dapat diletakan dalam rumah, sementara itu untuk bahan tebal harus dikeringkan pada area luar".

Ilustrasi menjemur pakaian. ©2021 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Rabu, 31 Maret 2021 09:38

Merdeka.com, Bandung - Salah satu masalah yang datang saat musim hujan adalah pakaian yang sulit kering, apalagi jika menjemurnya di dalam rumah. Kalau keadaanya begini yang ada cucian bisa berbau, lembab bahkan menimbulkan bakteri.

Lalu bagaimana mengatasinya? tenang karena berikut ini adalah trik pintar untuk membuat pakaian kering dalam waktu cepat.

Menurut Cindy Halid, Content Writer, Ruparupa faktor pertama yang harus diperhatikan adalah memisahkan cucian bahan tebal dan tipis.

"Jika bertanya alasannya, maka jawabannya agar dapat lebih mudah saat proses pengeringan. Pasalnya bahan yang tipis dapat diletakan dalam rumah, sementara itu untuk bahan tebal harus dikeringkan pada area luar. Dengan pengelompokan yang sederhana ini, dan juga bisa menghemat tempat jemuran sekaligus," kata Cindy Halid dalam keterangan tertulisnya.

Berikutnya, kata Cindy pastikan untuk menggunakan pewangi pakaian, berguna untuk menghilangkan bau apek yang mungkin saja terjadi karena pakaian kering tidak sempurna.

"Mungkin sebagian tidak menyukainya dengan alasan alergi, sah-sah saja sebenarnya tapi untuk meminimalisir bau apek, pengharum sangat diperlukan terutama untuk cucian yang berada di dalam ruangan," ungkapnya.

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah pastikan untuk memberi jarak gantungan baju saat menjemur, faktor ini sangat penting dalam proses pengeringan karena akan memberikan sirkulasi udara yang maksimal. Namun jika menjemur di dalam ruangan, bisa memanfaatkan perangkat elektronik seperti kipas angin yang bisa mengeringkan lebih cepat.

"Perangkat lainnya yang bisa digunakan adalah Hairdryer, memiliki angin panas dan mampu membuat cucian kering dalam waktu singkat. Akan tetapi harus diakui jika cara ini memakan waktu dan listrik, sehingga akan jauh lebih efektif jika memanfaatkannya untuk pakaian tipis," ujarnya.

Agar cucian kering lebih maksimal, peras pakaian dengan mesin pengering yang sangat membantu mengurangi kadar air. Tapi tentunya dengan catatan hanya bahan tertentu yang dapat menggunakan kekuatan mesin secara maksimum. Sebaliknya jika bahan yang dicuci mudah rusak cukup keringkan dengan tangan menggunakan metode twisting, yaitu memutar dua sisi berlawanan.

Berikut tips mencuci yang tidak merusak pakaian:

Pertama untuk pakaian yang dibersihkan menggunakan mesin, ketahui untuk meletakkannya pada kantong laundry agar tidak terkena penggilingan secara langsung.

Kedua hindari menggunakan air hangat saat mencuci pakaian, untuk menjaga warna tetap terjaga.

Dan ketiga saat mengeringkan pakaian atur dengan suhu rendah agar tidak membuat pakaian cepat rusak.

Kemudian keempat tambahkan pewangi atau soda kue untuk menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian.

Kelima jika mencuci dengan tangan pastikan untuk tidak memeras terlalu kuat, agar pakaian tidak kehilangan bentuknya. Namun ini kembali pada jenis bahan pakaian yang dimiliki.

Selanjutnya keenam saat menjemur pakaian perhatikan pemilihan gantungan yang tepat, pasalnya tidak semua pakaian membutuhkan jenis hanger yang sama.

Selain tips di atas yang sudah diberikan, salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah memilih produk yang salah. Pertimbangakan untuk membeli pada platform terpercaya seperti Ruparupa.

"Ruparupa adalah situs belanja online yang menjual produk asli dan berkualitas untuk seluruh kebutuhan Rumah Tangga & Furniture. Dalam satu platform ini terdapat berbagai brand Kawan Lama Group seperti ACE, Informa, hingga Toys Kingdom,"katanya.

(ES/ES)
  1. Tips
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA