1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Galang Bantuan Online, Sembako Rp569 Juta Disalurkan ke Warga Terdampak Covid-19

"Oleh karena itu, kami menggulirkan program Subsidi Sembako, yaitu berupa paket sembako yang bisa dibeli tetapi harganya sangat terjangkau".

Pembagian sembako . ©2020 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Jum'at, 23 Oktober 2020 13:43

Merdeka.com, Bandung - Berbagai upaya dilakukan untuk membantu warga terdampak Corona atau Covd-19. Gerakan Peduli Sembako digaungkan Yayasan Sahabat Beramal Jariyah dengan menggalang dana bantuan melalui situs online. Bantuan ini disalurkan dalam bentuk sembako yang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Jawa Barat.

Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi beberapa bulan ini memunculkan dilema yang sangat sulit, antara ancaman kesehatan atau ekonomi. Penurunan daya beli masyarakat pun turun drastis, bahkan berbagai isu terkait resesi pun terus menghantui masyarakat Indonesia. Oleh karenanya yayasan yang merupakan lembaga yang menyediakan sarana penggalangan dana online (crowdfunding) berupa zakat, infaq, sodaqoh ini menggalang bantuan dari para donatur.

Ketua Yayasan Sahabat Beramal Jariyah Ridwan Setiawan mengatakan, Gerakan Peduli Sembako ini merupakan gerakan penggalangan dana yang diinisiasi oleh Yayasan Sahabat Beramal Jariyah sejak bulan Januari 2020, ketika kasus Covid-19 mulai terdeteksi. Menyusul dibentuk pula program Peduli Ketahanan Pangan Masyarakat Terdampak Krisis dan Sembako Subsidi ketika angka kasus Covid-19 mulai menanjak di Indonesia dan kondisi ekonomi masyarakat semakin sulit, bahkan angka kemiskinan pun mulai naik.

"Dalam lima bulan terakhir, ketiga program gerakan sembako ini hingga pertengahan Oktober 2020 berhasil menggalang dana sekitar Rp569.281.100 berasal dari 6279 donatur individu," kata Ridwan dalam keterangan tertulisnya.

Ridwan menuturkan dana tersebut telah disalurkan dalam bentuk 4672 sembako baik yang dibagikan secara gratis maupun dibeli dengan harga subsidi ke masyarakat Jawa Barat, Jabodetabek hingga Yogyakarta. Selain disalurkan oleh tim Beramal Jariyah, dibantu juga oleh para relawan Beramal Jariyah yang tersebar di 10 titik, yaitu Bandung, Kab, Bandung, Kab. Karawang, Subang, Yogyakarta, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Para relawan ini membantu proses verifikasi penerima manfaat agar tepat sasaran, yaitu kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Menurutnya program ini tidak hanya memberikan bantuan sembako secara gratis. Namun juga ada bantuan sembako bersubsidi artinya harganya di bawah normal. Hal ini karena awalnya program hanya berupa pembagian sembako gratis kepada masyarakat tidak mampu. Tetapi ternyata terdapat sebagian kalangan masyarakat yang malah tidak mau menerima sembako gratis tersebut dikarenakan status sosial dan ekonomi di lingkungannya cukup terpandang.

"Namun, mereka juga menjadi bagian yang terdampak COVID-19 dengan adanya PHK, pemotongan gaji, dsb. Oleh karena itu, kami menggulirkan program Subsidi Sembako, yaitu berupa paket sembako yang bisa dibeli tetapi harganya sangat terjangkau karena sebagiannya disubsidi dari donasi," ujarnya.

Ia mengatakan Gerakan Sembako Subsidi menjadi salah satu inisiatif agar seluruh lapisan masyarakat yang terdampak krisis terbantu. Baik dari penyaluran sembako gratis ataupun subsidi sehingga bisa menyambung kehidupan untuk beberapa hari sambil berupaya yang lainnya.

Saat melakukan penyaluran di Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, tim Beramal Jariyah ditemani oleh Wakil Bupati Bandung Barat, yaitu Hengky Kurniawan beserta istri. Bantuan ini dinilai menjadi bentuk gotong royong membantu sesama yang bisa dikumpulkan melalui donasi secara online salah satunya melalui beramaljariyah.org.

"Untuk itu, atas nama Beramal Jariyah, saya sangat berterimakasih kepada seluruh donatur atas kepercayaan yang diberikan dengan berdonasi melalui beramaljariyah.org. Semoga kolaborasi bersama ini dapat terus berlanjut hingga menebar manfaat yang lebih besar lagi," kata dia.

Penggalangan dana Sembako Subsidi dapat dilakukan melalui situs beramaljariyah.com dengan judul program "Gerakan Peduli Sembako", "Peduli Ketahanan Pangan Masyarakat Terdampak Krisis" atau "Sembako Subsidi: Peduli Ketahanan Pangan Nasional" dimana setiap transaksi juga laporan donasi dapat diakses setiap saat. Yayasan Sahabat Beramal Jariyah merupakan lembaga penggalangan bantuan untuk memudahkan donatur dalam menunaikan ibadah sehari-hari berkaitan dengan membantu sesama, baik zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, maupun donasi sosial kemanusiaan lainnya. Program-program tersebut terhimpun dalam platform penggalangan dana www.beramaljariyah.org.

(ES/DR)
  1. Bantuan kemanusian
  2. Virus Corona
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA