1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

EF Parents Dukung Peran Orangtua Bagi Pendidikan Anak di Era Digital

"EF Parents memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan orangtua atau wali murid".

Christopher Lloyd. ©2020 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 07 Agustus 2020 11:15

Merdeka.com, Bandung - Di masa pandemi Covid-19, para pelajar kini melakukan proses pembelajaran online yang dilakukan di rumah. Kondisi ini membuat peran orangtua untuk mendampingi proses belajar sangat penting guna memastikan anak belajar dengan baik dan juga nyaman.

EF English Center for Kids & Teens meluncurkan EF Parents sebagai solusi yang dapat mendukung orang tua untuk tetap bisa melakukan peran besarnya dalam menghadapi tantangan pembelajaran anak di era digital. Aplikasi digital ini dirancang khusus untuk membantu orang tua dalam pengawasan dan pendampingan terhadap anak-anaknya.

Director of Operations EF English Centers for Kids and Teens, Christopher Lloyd, menjelaskan, kehadira aplikasi tersebut karena EF menyadari pentingnya peran orang tua dalam perkembangan siswa-siswi. Kami pun mengerti tantangan besar yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran anak sekarang ini.

"EF Parents memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan orangtua atau wali murid untuk mengetahui dan memantau perkembangan anak selama mengikuti kegiatan kursus," kata Christopher.

Beberapa fitur utama aplikasi ini diantaranya, Level yakni fitur ini memungkinkan orang tua atau wali murid untuk melihat program kursus yang diikuti oleh anak, serta laporan kegiatan dan perkembangannya di kelas.

Lalu, Chats yang merupakan fitur ini dapat memudahkan orang tua atau wali murid berinteraksi dengan Progress Advisor untuk mengetahui perkembangan anak-anaknya secara menyeluruh saat menerima pelajaran di kelas.

Terakhir adalah Media yaknj orang tua atau wali murid dapat melihat foto atau video dari aktivitas yang dilakukan di kelas, dan mengamati interaksi yang dilakukan anak-anak dalam proses belajar mengajar. Dengan fitur ini, orang tua bisa tetap merasa dekat dengan anak dan membantu menjaga kenyamanan mereka saat belajar.

Keterlibatan orang tua tetap menjadi salah satu hal terpenting yang dapat mempengaruhi anak-anak dalam mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Di era digital dan dengan adanya pemberlakuan home learningsecara online, banyak orang tua memiliki tantangannya tersendiri saat harus mendampingi anak mereka belajar, salah satunya adalah keterbatasan waktu.

Seorang Psikolog, Irma Dianita, M.Psi, memaparkan, perkembangan anak yang terus berjalan sebagai pengembangan lanjutan masa golden age, membutuhkan pendampingan dari orang tua karena mereka adalah partner utama bagi anak.

"Di era digital ini, orang tua perlu pemahaman teknologi yang bersinergi dengan pemikiran yang terbuka dan kritis sehingga dapat menjadi support system yang baik dalam menyiapkan bekal pengetahuan teknologi untuk anak. Fasilitas akses digital aplikasi EF Parents ini sangat membantu orang tua untuk mendampingi, membimbing anak serta mengetahui potensi pengembangannya meski dari pembelajaran jarak jauh,"katanya.

 

(ES/AA)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA