1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Curhat Ketum ASTINDO: Kondisi Agen Travel Membaik, Tapi Masih Merugi

"Saat ini travel agent lumayan membaik dari Desember 2020 (saat pandemi sedang melambung tinggi)".

Pauline Suharso. ©2021 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 09 Juni 2021 14:38

Merdeka.com, Bandung - Ketua Umum DPP ASTINDO 2021-2025, Pauline Suharso mengatakan, saat ini kondisi agen travel sudah lumayan membaik. Hal itu terjadi sejak Desember 2020 lalu. Meski begitu, kondisinya masih merugi karena masa pandemi covid-19 masih belum berakhir.

"Saat ini travel agent lumayan membaik dari Desember 2020 (saat pandemi sedang melambung tinggi), tapi masih rugi kondisinya, masih belum bisa menutupi biaya operasional," kata Pauline kepada Merdeka Bandung ditemui dalam acara Munas Astindo di El Royale Hotel Bandung, Selasa (8/6) kemarin.

Untuk menyiasati kondisi seperri sekarang ini, agen travel harus lebih kreatif. Salah satunya mengubah paket wisata agar tak hanya itu-itu saja.

"Dan teman-teman travel agent ini kan lumayan kreatif, jadi seperti paket wisata ini mereka menjual gak hanya yang itu-itu saja, misal Jakarta-Tanah Lot-Uluwatu, mereka sekarang menjual paket wisata sprti healing, yoga, wisata adventure," jelasnya.

Sementara itu, kegiatan Munas ASTINDO kali ini mengusung tema “Profesionalisme dan Semangat Gotong Royong ASTINDO Mengawal Pemulihan Pariwisata Indonesia” dengan agenda lainnya adalah membahas dan menetapkan Program Kerja untuk Pengurus berikutnya.

Ketua Umum ASTINDO periode 2016-2020 Elly Hutabarat, mengatakan Pembukaan Munas ASTINDO ke-5 di Bandung rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perhubungan, dan Deputi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik
Indonesia.

“Sejalan dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, Munas ASTINDO kali ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu perpaduan hadir secara langsung dan hadiri secara virtual, dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai arahan Pemerintah,” papar Elly.

ASTINDO menyelenggarakan Munas setiap empat tahun sekali sesuai aturan main pada AD/ART asosiasi, dengan kriteria kandidat Ketua Umum dipilih dari pimpinan Travel Agent anggota ASTINDO yang pernah menjadi pengurus ASTINDO minimal dua tahun, dan memiliki jaringan kerjasama baik didalam maupun diluar negeri, serta memiliki wawasan luas dan mampu berperan aktif mewakili ASTINDO di level nasional maupun internasional.

 

(ES/AA)
  1. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA