1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Calon Karyawan Baru BUMN, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Melamar Kerja

"Telkom sebagai BUMN punya misi agar bisa mencetak talenta Indonesia yang unggul dan maslahat bagi bangsa".

Ilustrasi operator seluler. ©2021 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 29 September 2021 18:10

Merdeka.com, Bandung - Memiliki mental siap menghadapi semua tantangan dalam dunia bekerja tentu saja baik. Namun, ada hal lain yang tak kalah penting dan wajib untuk diperhatikan. Apakah hal itu? Hal tersebut adalah AKHLAK.

Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom Indonesia, Afriwandi mengatakan, saat melamar pekerjaan khususnya di perusahaan BUMN, keseluruhan tahapan tes menjadi hal yang penting. Namun juga memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai sebagai karyawan BUMN.

"Dari seluruh tahapan tersebut, termasuk tes interview, yang terpenting adalah kandidat memiliki kesesuaian dengan core values BUMN yakni AKHLAK," kata Afriwandi dalam berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

AKHLAK sendiri merupaka program yang dicanangkan Menteri BUMN Erick Thohir adalah singkatan dari karakter insan BUMN yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Maka dari itu, lanjutnya, bagi para calon karyawan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang tengah membuka lowongan pekerjaan, diharap mampu memperhatikan hal yang yang telah dibeberkan olehnya.

Telkom sendiri kini membuka lowongan besar-besaran untuk lulusan S-1 dan S2 bulan September ini. Pendaftaran ditutup pada tanggal 30 September 2021. Ada dua tahapan seleksi yang harus dilalui, yakni online test dan assessment day. Pada tahapan online test, pelamar akan mengikuti tes kemampuan dasar, tes bahasa Inggris, BUMN Value, tes wawasan kebangsaan dan tes bidang.

Sementara untuk assessment day, pelamar akan mengikuti psikotes, focus group discussion (FGD), wawancara secara daring, medical check up serta tes METTL sebagai salah satu alat ukur kesiapan talenta digital.

Dua tahapan ini dilakukan secara serial, artinya pelamar harus lolos tahap online test sebelum melanjutkan tahapan tes assessment day. Pelamar akan mendapatkan informasi kelulusan yang dikirimkan melalui masing-masing email untuk setiap tahapan tes.

"Telkom sebagai BUMN punya misi agar bisa mencetak talenta Indonesia yang unggul dan maslahat bagi bangsa. Kandidat harus percaya diri, lakukan persiapan dengan berlatih, dan yang terpenting harus jadi diri sendiri dengan memberikan yang terbaik. Harus yakin!" ujar Afriwandi.

(ES/AA)
  1. Jaringan Telekomunikasi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA