1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Atasi macet, Dishub Bandung mulai ujicoba rekayasa jalan di Cikudapateuh

Ujicoba akan mulai dilakukan Rabu (25/10) besok.

©2017 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Selasa, 24 Oktober 2017 20:18

Merdeka.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan akan melakukan ujicoba rekayasa jalan di sekitar kawasan Cikudapateuh. Ujicoba akan dilakukan pada Rabu (25/10) besok.

Kasi Manajemen Lalu Lintas Dishub Kota Bandung Sultoni menuturkan, rekayasa jalan akan dilakukan di persimpangan Jalan Ahmad Yani-Jalan Kembang Sepatu. Persimpangan tersebut yang biasanya diberlakukan sistem buka tutup akan secara permanen ditutup.

Selain itu, di ruas Jalan Gudang Selatan akan dibuat pulau lalu lintas. Sehingga kendaraan tidak dapat langsung belok ke kanan untuk melawan arus seperti yang terjadi saat ini.


"Biasanya banyak terjadi pelanggaran berupa pengendara yang menyeberang ke kanan langsung. Jadi nanti dibuat pulau lalu lintas, sehingga pengendara tidak bisa langsung menyeberang ke kanan ke Jalan Ahmad Yani - Jalan Kembang Sepatu‎," ujar Sultoni, Selasa (24/10).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi menambahkan terdapat beberapa ruas jalan di kota Bandung yang bisa terjadi kemacetan bahkan mengakibatkan kecelakaan. Ujicoba dilakukan di  persimpangan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Cikudapateuh karena di kawasan tersebur sering terjadi 'konflik kendaraan'.

"Seperti yang diketahui bahwa beberapa persimpangan jalan Ahmad Yani banyak terjadi konflik kendaraan. Sama halnya seperti jalan Cikudapateuh, ketika pintu perlintasan kereta api ditutup banyak pengguna kendaraan yang ingin cepat melewatinya dengan menggunakan lawan jalan," katanya.

Ditambahkan Didi, jika uji coba tersebut berhasil maka kedepannya akan dilakukan secara permanen, namun melihat dulu hasil evaluasi.

"Jika uji coba berhasil, jadi kita bisa menilai penggunaan kendaraan bisa mematuhi peraturan lalulintas. Dengan ketertiban maka perjalanan akan nyaman," ujarnya.

(MH/DR)
  1. Lalu Lintas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA