1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

5 Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Online Dengan Fitur Menarik

"Program ini telah banyak terbukti dalam memberikan efektifitas dan efisiensi dari pengelolaan keuangan yang mudah serta otomatis".

Pixabay. ©2021 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Senin, 19 Juli 2021 20:03

Merdeka.com, Bandung - Menggunakan software yang tepat dalam melakukan pencatatan keuangan perusahaan merupakan keinginan banyak pebisnis. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika beberapa perusahaan mencari software pendukung yang paling tepat. Salah satunya yaitu berupa aplikasi akuntansi yang dapat membantu otomatisasi pencatatan keuangan secara cepat dan mudah.

Sayangnya, beberapa aplikasi memerlukan proses instalasi yang rumit serta database yang cukup besar. Namun demikian rupanya saat ini sudah ada beberapa aplikasi akuntansi online. Bahkan aplikasi yang online ini tentunya memberikan banyak manfaat menarik yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Dengan kemudahan tersebut tentu perusahaan dapat melakukan pengecekan kondisi keuangan perusahaan sewaktu-waktu.

Bagi yang merasa penasaran, berikut ini lima rekomendasi aplikasi akuntansi online yang dapat dimanfaatkan.

Aplikasi Jurnal

Salah satu aplikasi akuntansi online terbaik di Indonesia yaitu Jurnal. Dengan aplikasi ini maka pengguna dapat melakukan berbagai macam pekerjaan terkait dengan pencatatan serta pengelolaan keuangan perusahaan secara optimal.

"Program ini telah banyak terbukti dalam memberikan efektifitas dan efisiensi dari pengelolaan keuangan yang mudah serta otomatis," kata senior accountant Juan Jeremia dalam keterangan tertulisnya.

Maka dari itu tidak heran jika aplikasi yang satu ini menjadi pilihan kebanyakan perusahaan besar di Indonesia.

Fitur yang diberikan juga super lengkap, sehingga perusahaan dapat melakukan berbagai aktivitas pencatatan keuangan secara mudah. Diambil dari halaman aplikasi akuntansi di situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/, inilah beberapa fitur andalan Jurnal:

- Fitur laporan bisnis dan keuangan, yang mana fitur ini memuat laporan keuangan perusahaan secara tepat dan akurat, sehingga perusahaan dapat memantau perkembangan keuangan secara rinci kapan saja dan dimana saja.

- Fitur akuntansi, yaitu fitur yang memberikan kemudahan pembukuan menggunakan format yang umum digunakan di Indonesia dengan cara yang rapi dan terstruktur. Sehingga dengan demikian hal ini membantu memudahkan staf keuangan perusahaan dapat memanfaatkan fitur ini dengan maksimal.

- Fitur kas dan transaksi, dimana fitur ini memudahkan perusahaan memantau transaksi harian di dalam perusahaan serta arus kas yang terjadi setiap harinya. Fitur ini dibuat real time dan dinamis dengan tatanan yang cukup rapi serta mudah dipahami oleh siapa saja.

- Fitur invoice, dengan fitur tersebut maka perusahaan dapat terbantu dalam hal menyiapkan pembuatan invoice dan pengiriman invoice secara otomatis. Termasuk pencatatan serta pembayaran invoice juga akan tercatat sepenuhnya secara real time.

- Fitur produk dan inventory, dimana dengan fitur ini maka perusahaan dapat dengan mudah melakukan pengawasan terhadap seluruh inventaris perusahaan. Selain itu fitur ini juga membantu memberikan laporan inventaris secara berkala.

- Fitur biaya dan anggaran, yang mana dapat membantu perusahaan melakukan pengelolaan anggaran dana lebih baik dan tepat pada sasaran. Berkat fitur ini maka dapat membantu meminimkan kesalahan hingga pencatatan yang tepat serta akurat.

- Fitur perpajakan, yang mana dapat membantu perusahan menghitung pajak secara otomatis sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian penghitungan pajak dapat berjalan akurat secara mudah.

- Fitur mobile app, berkat fitur ini maka Jurnal dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi mobile melalui smartphone maupun gadget lainnya. Sehingga perusahaan dapat melakukan pemantauan serta akses pada Jurnal kapan saja dan dimana saja secara cepat.

"Salah satu keunggulan utama dari Jurnal yaitu sistem akuntansi yang berbasis online dan terintegrasi secara real time kapanpun dan dimanapun,"ujarnya.

Sehingga, kata Juan hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan pelacakan hingga melakukan pekerjaan akuntansi secara mudah. Kelebihan lainnya Jurnal dapat dicoba gratis selama 14 hari yang dapat membantu pengguna mendapatkan kesempatan mencoba kehebatan aplikasi akuntansi yang satu ini.

Dengan berbagai fitur serta manfaat di atas, tidak mengherankan jika aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi akuntansi favorit di banyak perusahaan. Melalui desain dasbor modern serta mudah diaplikasikan dan keamanan sesuai standar ISO 27001, menjadikan Jurnal sebagai salah satu pilihan aplikasi akuntansi online terbaik yang dapat dipertimbangkan bagi para pengusaha dan pebisnis lokal di Indonesia.

Wave

Aplikasi akuntansi online berikutnya yang menawarkan berbagai fitur ekstensif secara gratis selamanya yaitu aplikasi bernama Wave. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, maka seluruh data keuangan perusahaan akan diback-up secara otomatis dan gratis di dalam cloud.

"Sehingga hal ini memudahkan akses maupun pelaksanaan pekerjaan terkait akuntansi perusahaan dengan mudah," kata Juan.

Wave memberikan berbagai macam layanan dalam pencatatan serta pengelolaan keuangan perusahaan yang terdiri dari beberapa hal berikut ini.

- Fitur keuangan pribadi yang terintegrasi baik dengan rekening, kartu kredit, maupun kartu debit, sehingga dapat membantu pelacakan dan pengawasan kondisi keuangan perusahaan secara optimal dengan akurat.

- Fitur invoice yang membantu mempermudah perusahaan dalam menyiapkan maupun mengirim, invoice secara real time dan akurat.

- Fitur enkripsi 256-bit yang mampu menyimpan seluruh data dengan jaminan keamanan super ketat dan tinggi, sehingga terhindari dari resiko peretasan data yang banyak terjadi pada software dan program lainnya.

- Fitur back-up otomatis pada cloud yang membantu mengembalikan data secara otomatis apabila terjadi sesuatu maupun kerusakan pada aplikasi.

- Fitur laporan keuangan yang memudahkan melakukan pelacakan dan analisa kas maupun transaksi yang terjadi di dalam perusahaan.

Dengan aneka macam fitur yang tercatat di atas, tidak heran jika Wave merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang cukup favorit di kalangan pebisnis maupun pengusaha di dunia.

Sayangnya, aplikasi ini masih belum dapat memantau pembayaran dan jumlah tunggakan invoice dari pelanggan. Sehingga untuk hal yang satu ini harus tetap dilakukan secara manual oleh perusahaan.

Wave memiliki desain yang cukup mudah dipahami siapa saja. Selain itu aplikasi ini juga dilengkap dengan dukungan email serta kemudahan proses instalasi. Sehingga meski memiliki beberapa kekurangan, namun tetap layak diperhitungkan untuk dipakai pada bisnis maupun perusahaan.

Slickpie

Berikutnya ada pula aplikasi akuntansi yang bernama Slickpie yang cukup populer dan memberikan dua jenis paket pilihan. Untuk paket yang standar maka tidak perlu memberikan pembayaran apapun alias gratis. Namun bagi yang tertarik menggunakan fitur premium dari Slickpie maka harus membayarkan sejumlah dana dalam tiap bulannya.
Dalam versi gratisnya, Slickpie memberikan kemudahan untuk mengatur dan mengelola keuangan dari 10 perusahaan sekaligus melalui satu akun.

Tidak hanya itu saja, namun ada beberapa kelebihan menarik yang dapat diberikan oleh Slickpie, antara lain yaitu sebagai berikut:

- Mudah digunakan oleh siapapun terutama untuk para pemula. Sistemnya mudah dipahami dan dapat dikerjakan oleh siapa saja. Sehingga sangat cocok digunakan oleh para pengusaha pemula ataupun untuk jenis bisnis yang masih kecil.

- Aplikasi ini juga menawarkan fitur automatisasi yang membantu proses otomatis dalam membuat dan mengirimkan invoice secara tersistem.

-Slickpie juga memiliki fitur berupa aplikasi built-in yang bernama MagicBot, dimana fitur ini dapat membantu perusahaan untuk secara otomatis menambahkan tagihan dan penerimaan secara langsung dan real time.

- Adapula fitur yang mendukung untuk memasukkan data pembayaran secara manual, sehingga pengelolaan keuangan perusahaan berjalan optimal dan akurat.

Sayangnya Slickpie hanya terintegrasi dengan pembayaran menggunakan Stripe dan Paypal saja, dimana keduanya ini masih kurang banyak digunakan untuk transaksi keuangan di Indonesia. Selain itu Slicpie juga tidak dapat menghasilkan analisis yang spesifik dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Akaunting

Aplikasi akuntansi berikutnya yang menggunakan sistem online dan tanpa membayar yaitu Akaunting. Software yang satu ini bahkan tidak memiliki batasan dan tidak memerlukan biaya instalasi pada perangkat apapun.

Sehingga tidak heran jika banyak juga pebisnis dan perusahaan yang mengandalkan penggunaan Akaunting dalam mendukung pelacakan dan pengelolaan keuangan bisnis maupun perusahaan.

Ada dua macam pilihan saat menggunakan aplikasi yang satu ini. Pertama yaitu melakukan pendaftaran secara langsung dan menggunakan server Akaunting pada Cloud. Kemudian alternatif berikutnya yaitu melakukan instalasi Akaunting yang terhubung pada server perusahaan.

"Baik pilihan pertama maupun kedua tidak diperlukan biaya tambahan apapun," ujar Juan.

Kata Juan dari sisi tampilan dan kemudahan, akaunting juga termasuk salah satu aplikasi yang mudah digunakan baik oleh para pemula sekalipun. Tampilannya yang sederhana dan mudah dimengerti membuat para pengguna dapat menjalankannya secara mudah.

"Belum lagi aplikasi ini dapat diakses melalui berbagai macam perangkat sesuai keinginan. Sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama dibutuhkan," kata Juan.


Akaunting memberikan banyak fitur-fitur menarik yang layak untuk dipertimbangkan. Mulai dari fitur pencatatan keuangan yang akurat termasuk data kas dan pemasukan hingga pengeluaran perusahaan. Kemudian ada pula fitur invoicing yang dapat membantu perusahan membuat serta mengirim invoice dalam berbagai macam mata uang. Sehingga aplikasi ini cocok digunakan di negara manapun. Kemudian terakhir, akaunting memberikan opsi pengelolaan keuangan beberapa perusahaan sekaligus dalam satu akun, sehingga jauh lebih efektif dan efisien apabila memerlukan pencatatan akuntansi dari berbagai bisnis.

GnuCash

Terakhir bagi yang mencari aplikasi akuntansi online tanpa bayar berikutnya bisa juga mempertimbangkan untuk menggunakan GnuCash. Aplikasi ini memiliki kelebihan berupa kemampuan untuk digunakan pada berbagai macam sistem, mulai dari Lunix, Microsoft Windows, hingga Mac OS.

Menggunakan GnuCash memberikan berbagai macam fitur yang dapat mendukung keuangan perusahaan secara optimal. Fitur-fitur andalan dan manfaat dari aplikasi ini yaitu antara lain sebagai berikut:

- Memiliki kemampuan untuk digunakan dalam berbagai bahasa serta mata uang. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh bisnis maupun perusahaan apapun di seluruh dunia.

- Dengan aplikasi ini maka perusahaan dapat mencatat seluruh penerimaan dan pengeluaran biaya secara rinci dan akurat. Sehingga memudahkan melakukan monitoring pada arus kas perusahaan.

- GnuCash juga memiliki fitur payroll yang membantu mengatur dana perusahaan untuk kebutuhan pembayaran payroll.

- Fitur berikutnya yaitu laporan keuangan otomatis yang dapat membantu perusahaan melihat kondisi keuangan perusahaan secara real time. Mulai dari laporan neraca, laba-rugi, arus kas, dan lain sebagainya.

- Aplikasi ini dapat digunakan dengan cepat serta memberikan hasil yang akurat sesuai kebutuhan masing-masing bisnis dan perusahaan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi akuntansi online yang dapat membantu mengelola akuntansi bisnis. Apabila membutuhkan aplikasi yang paling baik di antara seluruh opsi yang disebutkan di atas, ada baiknya menggunakan Jurnal sebagai aplikasi akuntansi yang telah dirancang menurut standar di Indonesia.

"Sehingga tentu akan memudahkan setiap pebisnis dan pengusaha yang beroperasi di negara ini jauh lebih mudah mengelola keuangannya sesuai format dan ketentuan umum yang berlaku,"katanya.

 

 

(ES/ES)
  1. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA