1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Website

Orang-orang menggunakan Google demi bisa menemukan jawaban yang spesifik, menyeluruh, dan akurat untuk pertanyaan mereka.

Ilustrasi bekerja. ©Shutterstock.com/Pressmaster. ©2021 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Jum'at, 29 Oktober 2021 17:10

Merdeka.com, Bandung - Saat ini banyak bisnis berjuang menemukan cara baru dan inovatif untuk meningkatkan trafik situs web. Memiliki trafik yang tinggi tentu akan meningkatkan peluang situs websitenya masuk peringkat atas di mesin pencarian. Agar lebih efektif, berikut cara meningkatkan pengunjung website yang tepat.

Sebelum masuk pada pembahasan, perlu juga Anda  ketahui jika tujuan website dibuat untuk mendapatkan trafik yang tinggi sebaiknya disesuaikan juga dengan layanan hosting yang dipilih. Kini DomaiNesia jual VPS murah dan juga ada layanan SSL Indonesia.
Cara meningkatkan pengunjung website yang efektif.

Hal itu dikatakan oleh Ayoni sebagai SEO specialis di domaiNesia, jika ingin meningkatkan trafik situs website dengan cara yang tepat dan efektif, berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan:

Melakukan riset kata kunci

Selalu sertakan kata kunci yang relevan dalam konten yang dibuat. Kata kunci harus digunakan secara alami, jadi pastikan untuk tidak terlalu banyak memasukkannya ke dalam konten. Karena nantinya justru akan mengurangi ide utama atau mengalihkan perhatian pembaca.

"Penting untuk menggunakan kata kunci di seluruh konten, seperti deskripsi meta, judul halaman, URL, header, dan di beberapa bagian tertentu," kata Ayoni.

Kemudian untuk melakukan riset kata kunci, Anda dapat menggunakan beberapa tools gratis maupun berbayar. Situs-situs ini menunjukkan kata kunci apa yang digunakan pesaing, seberapa sering orang mencarinya, seberapa mahal untuk iklan bayar per klik, serta kata kunci lain yang masih terkait.

Selain itu, menyewa spesialis SEO juga bisa menjadi pilihan tepat, karena dapat menawarkan solusi untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin membuat situs website tidak ditampilkan di mesin pencarian.

Buat konten yang menarik

Tidak cukup hanya dengan memposting konten, Anda juga perlu membuat sesuatu yang mudah diingat oleh para pengunjung website.

Faktanya, konten yang bermanfaat dan mudah diingat adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan trafik situs website.

Orang-orang menggunakan Google demi bisa menemukan jawaban yang spesifik, menyeluruh, dan akurat untuk pertanyaan mereka. Oleh sebab itu, konten yang Andan miliki harus bisa mencakup secara lengkap semua jawaban dari pertanyaan pengunjung.

Faktanya, situs web yang menampilkan konten blog menghasilkan 434% lebih banyak halaman yang diindeks oleh mesin pencari daripada yang tidak.

Selain itu, situs yang merilis lebih dari 16 unggahan per bulan menerima trafik lebih tinggi daripada yang menerbitkan nol hingga empat artikel.

"Intinya adalah ketika Anda berhasil membuat banyak konten menarik, mengunggah secara teratur, dan teliti terhadap apa yang dibutuhkan oleh audiens, trafik situs website pun akan ikut meningkat,"ujarnya.

Tetap aktif di halaman media sosial

Selain aktif mengunggah konten di situs website, Anda juga perlu bermain media sosial. Hal ini karena media sosial juga memiliki pengaruh besar untuk menarik pengunjung website.

Berikut adalah beberapa cara yang harus digunakan untuk meningkatkan trafik situs website:

Unggah konten di media sosial

Anda bisa mengunggah ulang konten yang ada di website pada beberapa platform media sosial. Konten ini bisa berupa e-book, infografis, video, maupun hanya sekadar foto.

Aktif berinteraksi dengan pengikut di media sosial

Selanjutnya, Anda harus aktif melakukan interaksi dengan pengikut di media sosial. Anda harus rutin membalas pesan yang mereka sampaikan, dan coba untuk mengunggah ulang konten yang mereka buat.

Penggunaan hashtag

Tanpa disadari, menggunakan hashtag yang relevan dengan website miliknya di media sosial juga dapat meningkatkan trafik.

Beberapa hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan seperti memperbarui tautan di bio untuk mempromosikan konten baru, mengubah foto sampul, hingga jangan lupa untuk menyertakan informasi menarik dari konten websitemu untuk mendorong orang mengeklik tautannya tersebut.

Menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO)

Selain menggunakan kata kunci seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, ternyata masih ada dua teknik SEO lainnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan trafik situs website.

Teknik pertama menggunakan SEO on page yang secara umum berkaitan dengan situs web secara langsung. Misalnya dari segi konten atau artikel yang disisipi heading, dan internal link.

Teknik kedua, kata Ayoni baru menggunakan SEO off page. Hal ini akan berbeda dengan on page, karena memiliki prinsip kerja yang tidak bersinggungan langsung dengan konten website.

Cara optimasi teknik SEO off page ini dengan mencari backlink dari website yang terkenal. Semakin banyak situs web terkenal yang memberikan tautan menuju situs website miliknya, maka mesin pencari secara otomatis akan menempatkan pada halaman pertama.

Jika situs website milikmu sudah menempati peringkat atau di halaman pertama, tentu peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung website akan semakin besar.

Gunakan platform iklan sebaik mungkin

Terakhir, Anda juga bisa mencoba untuk lakukan iklan berbayar. Selain menerapkan beberapa cara organik di atas, Anda juga bisa menggunakan iklan seperti Google AdWords dan Facebook Ads.

Namun, sebelum mulai menjalankan sebuah iklan digital jangan lupa pastikan kata kunci serta target pengunjung yang ingin disasar tepat.

Menemukan kata kunci yang tepat ketika beriklan ini, Anda bisa menggunakan hasil riset keyword. Kemudian, untuk masalah biaya, sebaiknya usahakan untuk memulai dari angka yang kecil. Tujuannya demi mengantisipasi apabila terjadi salah setting atau gangguan lain yang tak terduga.

"Itulah beberapa cara meningkatkan pengunjung website baik dari organik maupun berbayar. Jadi, pastikan Anda juga melakukan teknik SEO serta menggunakan kata kunci yang tepat sesuai dengan website milikmu," katanya.

(ES/ES)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA