1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

3.000 Pelajar Berpartisipasi Dalam Olimpiade Siswa Cerdas Secara Daring

"Dengan adanya Olimpiade ini, semoga para siswa yang mengikuti olimpiade bisa menjadi pahlawan kebanggaan dari sekolahnya masing-masing".

Olimpiade Siswa Cerdas (OSC). ©2021 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Kamis, 18 November 2021 18:05

Merdeka.com, Bandung - Setelah Provinsi Jakarta dan Lampung, aplikasi pembelajaran digital, Pijar Sekolah, kembali adakan "Olimpiade Siswa Cerdas (OSC)" secara daring di Jawa Barat (Jabar), 10-15 November ini.

Bekerjasama dengan Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dan Dinas Pendidikan Jawa Barat, kegiatan tersebut diikuti lebih dari 3.000 murid dari 353 SMA, SMK, dan MA di Jabar.

"Dengan adanya Olimpiade ini, semoga para siswa yang mengikuti olimpiade bisa menjadi pahlawan kebanggaan dari sekolahnya masing-masing," ujar Ricka Febriliantina, OSM BGES (Officer Senior Manager Business Goverment Enterprise Service) PT Telkom Regional 3 Jabar katanya di Bandung.

Menurut dia, olimpiade diadakan guna mengukur tingkat kemampuan siswa dalam beberapa mata pelajaran seperti PPKN, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Sejarah Indonesia. Olimpiade tidak dipungut biaya sama sekali namun peserta berkesempatan meraih hadiah uang total Rp15 juta, emas, dan e-sertifikat.

"Menariknya, rangkaian acara ini dilakukan secara online. Meskipun begitu peserta diharapkan tetap menggunakan seragam dan membuka kamera selama olimpiade, agar panitia bisa melihat bahwa peserta sedang mengerjakan soal tanpa dibantu orang lain," katanya.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform sistem manajemen sekolah dibawah naungan Telkom Indonesia yang dapat membantu sistem pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan.

Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar.

Pemenang utama OSC Jawa Barat adalah Juara 1 (Jefta Kenna Shalom Tarigan dari SMAN 3 Bekasi mendapatkan hadiah Rp. 3.500.000 + mini gold 1 gram + E-Sertifikat), Juara 2 (Christopher Raynard dari SMAS Regina Pacis, hadiah Rp. 3.000.000 + mini gold 1 gram + E-Sertifikat), dan Juara 3 (Alandra Salvira Lim dari SMA Kristen Penabur Cirebon hadiah Rp. 2.000.000 + mini gold 1 gram + E-Sertifikat). Hadiah diberikan
Prasabri Pesti (Head of Education Ecosystem Telkom Indonesia), Budi Hermawan (Kepala UPTD Teknologi Informasi Komunikasi Dinas Pendidikan Jabar), dan Sujito (Executive Vice President Telkom Regional 3 Jabar).

Djufri Ardian, Tribe Leader of Education PT Telkom Indonesia menambahkan, pihaknya menilai semua peserta adalah para pejuang yang berani berkompetisi untuk meningkatkan kemampuan dan menumbuhkan sikap pantang menyerah. Sikap inilah yang saat ini harusnya dimiliki semua siswa di seluruh Indonesia.

"Terima kasih kepada para peserta Olimpiade Siswa Cerdas Pijar Sekolah Jawa Barat dan juga kepada sekolah-sekolah yang telah mengikuti rangkaian acara. Olimpiade ini membawa nilai-nilai yang positif bagi sekolah-sekolah di Jawa Barat dan juga menumbuhkan rasa kompetitif diantara pesertanya," pungkas Sujito, EVP Telkom Regional 3.

 

(ES/AA)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA