1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

15 Tempat Wisata di Bandung yang Recommended dan Wajib Dikunjungi

Kota Kembang satu ini menjadi destinasi wisata favorit wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki objek wisata yang beragam.

Kawah Putih Ciwidey. ©2021 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Selasa, 28 Desember 2021 18:34

Merdeka.com, Bandung - Ketika pikiran mulai penat dengan rutinitas pekerjaan, liburan adalah solusi terbaik untuk merefresh pikiran. Tempat wisata di Bandung yang sejuk dan asri bisa menjadi pelarian terbaik untuk menyejukkan hati dan pikiran.

Kota Kembang satu ini menjadi destinasi wisata favorit wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki objek wisata yang beragam mulai dari wisata alam, wisata edukasi, hingga wisata kuliner. Untuk mengetahui objek wisata menarik di Bandung, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

15 Tempat Wisata di Bandung yang Recommended dan Wajib Dikunjungi

Bandung memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari wisata alam yang asri hingga wisata modern yang kekinian. Hal inilah yang membuat Bandung mendapat julukan Paris van Java. Nah, berikut ini beberapa tempat wisata Bandung yang recommended.

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata favorit yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Bandung. Meski bukan wisata baru, objek wisata Kawah Putih Ciwidey selalu berhasil menjadi magnet yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Panorama alam di kawah ini sangat indah dan eksotis dengan warna kehijauan dan kepulan kabut berwarna putih yang bagus untuk dijadikan background swafoto. Suhu di objek wisata ini juga sangat dingin yaitu sekitar 8° Celcius sehingga Anda disarankan untuk menggunakan jaket atau baju tebal.

2. Lembang Park & Zoo

Rekomendasi tempat wisata di Bandung selanjutnya yaitu Lembang Park & Zoo. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini merupakan kebun binatang di mana para pengunjung bisa mengenal berbagai macam satwa secara langsung.

Salah satu spot paling keren yang ada di objek wisata ini yaitu Bird Aviary, di mana terdapat banyak burung yang cantik di dalamnya. Untuk bisa masuk ke objek wisata Lembang Park & Zoo, Anda harus menyiapkan kocek Rp50.000,00 untuk hari kerja dan Rp60.000,00 untuk akhir pekan atau hari libur.

3. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole merupakan objek wisata yang dinobatkan sebagai hutan anggrek terbesar di Indonesia dengan jumlah anggrek mencapai 20 ribu tanaman. Tidak hanya tanaman anggrek saja, hutan wisata ini juga dipenuhi dengan pohon pinus yang membuat udara semakin sejuk dan segar.
Di objek wisata ini, Anda juga bisa bermain dengan kelinci, bermain golf, jembatan tali, dan horse ranch. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata satu ini, Anda harus merogoh kocek Rp40.000,00 per orang.

4. Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan objek wisata berupa tebing yang menawarkan panorama alam yang indah dan menawan. Sejauh mata memandang, Anda bisa melihat rimbunnya pepohonan hijau dari ketinggian. Objek wisata ini juga menjadi spot favorit untuk melihat keindahan matahari terbit.

5. Dago Dream Park

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di tempat wisata dengan berbagai wahana seru, Dago Dream Park adalah pilihan terbaik. Tempat wisata di Bandung satu ini menyediakan berbagai wahana permainan seru seperti paintball, ATV, sky gliding, anti gravity, dan kuda.
Selain itu, objek wisata satu ini juga menyediakan banyak spot foto menarik seperti karpet Aladin, ayunan jadul deldom, colourful caping, dan jembatan kupu-kupu. Harga tiket masuk objek wisata Dago Dream Park juga relatif terjangkau yaitu kisaran Rp33.000,00 – Rp40.000,00 per orang.

6. Jendela Alam

Rekomendasi objek wisata di Bandung selanjutnya yang wajib Anda kunjungi yaitu Jendela Alam. Objek wisata yang mengusung konsep edukasi ini akan mengajak Anda dan keluarga untuk belajar tentang alam seperti berkebun dan mengenal beragam tanaman hidroponik dan tanaman obat.
Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi dengan berbagai hewan seperti kambing, kuda poni, rusa, dan reptil. Objek wisata Jendela Alam juga memiliki program panen telur, menangkap ikan, dan panen tomat sehingga Anda bisa merasakan sensasi liburan yang berbeda dari lainnya.

7. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya juga menjadi rekomendasi tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Bandung. Objek wisata ini menawarkan sensasi liburan yang unik di mana Anda bisa berkemah di area camp dengan tenda yang unik.
Selain itu, The Lodge Maribaya juga menyediakan berbagai wahana menarik seperti Gantole, Sky Tree, Mountain Swing, dan Zip Bike. Untuk masuk ke area objek wisata ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp35.000,00 – Rp40.000,00 dan belum termasuk biaya tiket aktivitas.

8. Fairy Garden

Berbeda dengan objek wisata instagramable pada umumnya, Fairy Garden memiliki konsep yang unik. Masih berada di dalam kawasan wisata The Lodge Maribaya, Fairy Garden menawarkan sensasi liburan seperti di negeri dongeng.
Objek wisata yang diperkenalkan sejak tahun 2018 ini memiliki banyak spot foto yang menarik dan unik. Tidak hanya itu saja, objek wisata ini juga menawarkan berbagai pertunjukan dan edukasi yang cocok untuk anak-anak.

9. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas juga menjadi destinasi wisata Bandung yang wajib Anda kunjungi. Objek wisata ini memiliki penangkaran rusa yang bagus untuk dijadikan background foto. Selain itu, di objek wisata ini juga terdapat area perkemahan dan kolam pemandian air panas alami.
Anda juga bisa mencoba berbagai permainan outbound yang seru dan menantang. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, Anda harus mengeluarkan kocek kisaran Rp44.000,00.

10. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang merupakan tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi. Objek wisata yang mengusung gaya Eropa ini dipenuhi dengan bangunan ala Belanda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kostum tradisional khas Belanda yang unik dan lucu untuk berfoto.
Di Farmhouse Lembang juga tersedia restoran di mana Anda bisa menikmati susu dan makanan lainnya. Harga tiket masuk yang dibanderol untuk objek wisata ini juga relatif terjangkau yaitu Rp30.000,00.

11. Grafika Cikole

Grafika Cikole merupakan salah satu rekomendasi objek wisata di Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Di objek wisata ini, Anda bisa berfoto dengan deretan villa yang cantik di tengah hutan pinus yang masih asri dan udara yang segar.
Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana permainan yang seru dan menantang seperti ATV, paintball, dan outbound. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, Anda bisa menyiapkan kocek sebesar Rp15.000,00 per orang dan belum termasuk dengan biaya tiket aktivitas.

12. Tangkuban Perahu

Berlibur ke Bandung rasanya kurang lengkap jika belum berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, bukan? Gunung stratovolcano yang masih aktif hingga saat ini selalu berhasil menjadi daya tarik wisatawan karena bentuknya yang unik seperti perahu terbalik.
Panorama alam di gunung ini juga tidak kalah indahnya. Anda bahkan bisa melihat ke bibir kawah untuk melihat secara langsung isi kawahnya seperti apa. Meski begitu, Anda harus hati-hati dan waspada saat berlibur ke sini karena bau belerang yang cukup menyengat.

13. The Great Asia Africa Lembang

Rekomendasi tempat wisata di Bandung selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu The Great Asia Africa Lembang. Objek wisata yang terletak di seberang Farmhouse Lembang ini memiliki banyak spot foto menarik.

Anda juga bisa berfoto dengan menggunakan kostum khas Korea yaitu hanbok dengan background rumah Korea di masa lalu. Selain itu, Anda juga juga bisa mencoba kostum kimono dengan background Kyoto, dinding warna-warni seperti di Maroko, dan spot foto menarik lainnya.

14. Floating Market Lembang

Destinasi wisata Bandung selanjutnya yang populer dan wajib dikunjungi yaitu Floating Market Lembang. Meski tidak seperti pasar apung yang ada di Kalimantan, Floating Market menawarkan sensasi liburan yang menarik dan unik.

Di objek wisata ini, Anda bisa menikmati berbagai sajian kuliner di atas perahu-perahu kecil dengan pemandangan danau yang cukup luas. Selain itu, Anda juga bisa mencoba spot menarik lainnya seperti Rainbow Garden, Kota Mini, dan Kyotoku.

15. Braga

Braga merupakan ikon kota Bandung yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam restoran, coffee shop, dan bar yang cocok untuk bersantai sekaligus hunting foto.

Anda juga bisa menemukan penjual lukisan di sepanjang pinggiran jalan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bandung yang khas.
Beberapa destinasi wisata Bandung di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Banyaknya tempat wisata di Bandung bisa menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan dan menyenangkan.

(ES/ES)
  1. Bisnis
  2. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA