1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

1.136 Petugas kebersihan disiagakan saat libur Lebaran

Pihak PD Kebersihan Kota Bandung akan menyiagakan petugas 24 jam penuh yang terbagi dalam 3 shift.

Info kota. ©2017 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 22 Juni 2017 13:02

Merdeka.com, Bandung - PD Kebersihan Kota Bandung mengerahkan 1.136 petugas selama masa libur Lebaran 2017. Ribuan petugas disiagakan untuk mengantisipasi meningkatnya volume sampah di Kota Bandung saat libur Lebaran.

Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana Hadimin mengatakan, pihaknya akan menyiagakan petugas 24 jam penuh yang terbagi dalam 3 shift. Para petugas akan mulai bekerja sejak H-5 hingga H+5

"Berdasarkan pengalaman sebelumnya, pola kerja H-5 Lebaran sampai H+5 tim khusus PD Kebersihan Kota Bandung siap bekerja 24 Jam. Jadi hal seperti ini, bagi PD Kebersihan adalah sudah biasa, dengan menjadwalkan kurang lebih 1.136 petugas lapangan dan 574 armada pengangkutan," ujar Deni kepada wartawan, Kamis (22/6).

Deni menyebutkan ada lebih dari tujuh titik lokasi yang memproduksi sampah dalam jumlah besar terutama di pusat wisata dan keramaian seperti di Jalan Asia Afrika, Alun-alun, Otista, Dago, Ujung Berung, Cihampelas, Andir, dan Cibaduyut. Lokasi-lokasi ini menjadi pusat terkumpulnya sampah.

"Apalagi Bandung merupakan destinasi wisata di masa libur sekolah dan lebaran. Jumlah wisatawan ke Kota Bandung diprediksi akan meningkat di masa libur lebaran tahun 2017 sekarang.
Kami siap mengelola sampah saat lebaran ataupun setelahnya," katanya.

Deni mengungkapkan, pihaknya juga menambah jumlah personil, khusus untuk menghadapi libur Lebaran ini. Penambahan personel sekitar 15 persen dari biasanya. Mereka merupakan tim khusus terdiri dari karyawan PD. Kebersihan, tim penyapu, personil pengangkut kendaraan operasional dan staf lainnya.

"Mereka berkomitmen siap bekerja mengelola sampah pada saat Lebaran dan masa Iiburannya. Ditambah dengan tim patroli pengawas kebersihan yang bertugas keliling memberikan edukasi, sosialisasi, kemudian tangkap tangan," ujar dia.

Selain itu, lanjut Deni pihaknya merasa terbantu dengan keikutsertaan komunitas untuk ikut menjaga kebersihan Kota Bandung

"Di Kota Bandung ada banyak komunitas yang peduli sama kebersihan kotanya. Ada sekitar 13 komunitas yang peduli tentang kebersihan Kota Bandung. Beberapa diantaranya komunitas gerakan pungut sampah, clean action, dan lain lain. Karena kebersihan lingkungan Kota Bandung tugas kita bersama," kata Deni.

(FF/DR)
  1. Info Kota
  2. Kebersihan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA