1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

KAI Terapkan Transaksi Cashless di Kereta Argo

"Kami ingin berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang, agar mereka merasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan".

KAI Terapkan Transaksi Cashless. ©2021 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 05 Juli 2021 15:02

Merdeka.com, Bandung - KAI Services adalah salah satu anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Bertepatan dengan momen ulang tahun ke-18, KAI Services mengembangkan layanan transaksi secara cashless di 8 perjalanan Kereta Api Kelas Argo.

Transaksi cashless tersebut terintegrasi dengan QR Code Indonesia Standard (QRIS). Untuk saat ini pembayaran dengan menggunakan QRIS dapat menggunakan ShopeePay dan akan diperluas dengan platform pembayaran digital lainnya.

Pada fase awal, fasilitas pembayaran digital dapat digunakan di delapan kelas Argo, yakni Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Argo Parahyangan, Argo Cheribon, Argo Muria, Argo Sindoro, Argo Lawu, dan Argo Dwipangga. Tidak menutup kemungkinan akan diimplementasikan ke beberapa keberangkatan Kereta Api lainnya.

Hal ini sejalan dengan program Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan menghadirkan transaksi non tunai dan minim kontak secara langsung.

"Kami ingin berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang, agar mereka merasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan. Penyediaan pembayaran secara digital merupakan salah satu upaya kami untuk mengurangi kontak langsung dan memperketat disiplin protokol kesehatan di dalam Kereta Api 'Dari Kami untuk Pelanggan’. Kami harap kerja sama ini dapat menjadi solusi sekaligus mengubah kebiasaan masyarakat untuk beralih ke transaksi non-tunai,” Plt. Direktur Utama KAI Services, Tamsil Nurhamedi dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Selain itu, penggunaan transaksi non-tunai di perjalanan Kereta Api menjawab tantangan di era serba digital dan mempermudah bagi penumpang yang sedang tidak membawa uang tunai.

Bagi para penumpang yang hendak melakukan pemesanan menu makanan sebelum perjalanan, KAI Services juga menyediakan fasilitas pre-order dari yang dapat diakses melalui aplikasi KAI Accsess atau Lokomart

Selain itu KAI Services juga memiliki lini bisnis baru yaitu LokoLife Urban Market dengan menargetkan para penumpang KRL. LokoLife Urban Market merupakan salah satu bisnis KAI Services yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Terutama di wilayah Jabodetabek untuk memperoleh kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, mie instan, detergen, dan kebutuhan harian lainnya hanya dengan mengunjungi ke web urban.lokomart.id atau scan QR Code yang tersedia.

Kemudian pesan barang yang dibutuhkan dan setelah tiba di stasiun tujuan, barang pesanan itu bisa langsung diambil dan dibawa pulang di outlet yang ada di Stasiun Bogor, Loko Coffee to Go di Stasiun Bekasi, atau Loko Coffee to Go di Stasiun Kranji.

(ES/AA)
  1. Transportasi
  2. Kereta api
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA