1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

7 Taman unik di Bandung yang asyik buat nongkrong

Jadi nongkrong tak harus di kafe atau mal. Di taman juga asyik.

Taman Jomblo. ©2015 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Rabu, 02 Desember 2015 18:20

Merdeka.com, Bandung - Sejak Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung, berbagai penataan di berbagai sudut kota mulai dilakukan. Salah satu penataan yang sangat terlihat sekali yakni revitalisasi taman. Sejumlah taman mulai direvitalisasi dengan beragam fasilitas yang tersedia.

Uniknya taman-taman tersebut memiliki tema-tema tertentu yang menjadi ciri atau identitas taman. Kehadiran taman tematik di Kota Bandung kini menjadi daya tarik baru bagi warga. Tak hanya merasakan segarnya udara di taman, tapi kini menjadi tempat asyik buat nongkrong.

Berikut 6 Taman unik yang asyik buat Nongkrong di Bandung:

Taman Jomblo

Taman Pasupati atau lebih dikenal dengan sebutan Taman Jomblo, adalah sebuah taman yang berada di bawah Jembatan Pasupati. Penamaan Taman Jomblo sendiri diberikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Uniknya, jika kursi di taman pada umumnya berbentuk memanjang, maka tempat duduk di taman ini justru berbentuk kubus warna-warni dengan ukuran berbeda-beda dan hanya cukup untuk memuat satu orang.

Taman Lansia

Sebuah taman terletak di Jalan Cilaki tak jauh dari kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate Bandung). Taman Lansia merupakan singkatan dari Taman Lanjut Usia, yang cocok untuk tempat refreshing bagi warga Kota Bandung maupun warga luar Bandung yang sedang berkunjung ke sana.

Sebelum menjadi Taman Lansia, taman ini banyak dikenal sebagai Taman Cilaki atau Taman Cisangkuy. Sebutan tersebut tentu saja berhubungan dengan nama jalan yang mengapit taman ini.

Saat ini di Taman Lansia telah dibangun dua kolam retensi. Kolam retensi ini sengaja dibangun untuk menampung air di musim hujan. Kolam retensi semakin cantik dengan hadirnya beragam ikan hias.

Taman Fotografi

Bagi Anda para pecinta fotografi tempat ini menjadi tempat wajib dikunjungi saat datang ke Kota Bandung. Taman ini memang sengaja diperuntukan bagi para komunitas fotografi.

Taman fotografi berada di Jalan Anggrek. Lokasinya masih berada di kawasan Jalan LLRE Martadinata. Taman ini tak pernah sepi dari pengunjung. Taman ini cocok untuk tempat rekreasi keluarga. Di sekitar area taman disediakan sejumlah permainan untuk anak anak.

Taman Musik

Taman ini sengaja dibuat sebagai tempat berkumpulnya para pecinta musik. Bandung telah dikenal sebagai gudangnya para musisi hingga membuat tempat ini tak pernah sepi. Tempat ini kini menjadi tempat latihan para komunitas musik di Bandung. Sebut saja Komunitas Ukulele Bandung (Ukeba) secara rutin melakukan kegiatan di taman ini.

Beragam ornamen-ornamen juga dipasang untuk memperkuat kesan Taman Musik. Jika ingin datang ke taman ini cukup mudah karena berada di tengah-tengah kota yakni di Jalan Belitung, tepat di samping SMA 3 dan 5 Bandung.

Taman Film

Taman ini sengaja diperuntukan bagi warga Bandung yang ingin menggelar acara nonton film bareng. Taman ini memiliki luas 1.300 meter persegi dan berkapasitas 500 orang penonton.

Tak tanggung-tanggung, sebuah videotron raksasa berukuran 48 meter disediakan di tamam ini. Tak hanya itu, penonton pun akan dimanjakan dengan soundsystem berkualitas. Di sisi taman ditanami rupa-rupa tanaman hias. Hal ini sengaja dipasang sebagai peredam suara. Taman ini akan menjadi sangat ramai jika tim Persib Bandung bertanding.

Taman Vanda

Taman ini menjadi salah satu taman yang tak boleh dilewatkan. Taman yang dibangun dalam rangka peringatan HUT KAA ke 60 pada April lalu ini menjadi unik dengan adanya dancing water atau air mancur menari.

Di malam hari, air mancur akan tampak indah warna warni yang memunculkan efek-efek tertentu. Selain itu akan dipasang juga vertikal garden, dan bunga dengan berbagai warna sebagai penyeimbang taman.

Taman Superhero

Taman ini menjadi salah satu taman tematik unik di Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, beragam superhero hadir di taman ini. Sebut saja Spiderman, Batman, Superman, dan superhero lokal Gundala ada di taman ini. Taman ini cocok sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Di lokasi ini juga ada area khusus tempat bermain anak. Lokasinya berada di antara Jalan Anggrek dan Bengawan. Selamat berkunjung ke taman.

(MH/DR)
  1. Unik
  2. Nongkrong
  3. Remaja
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA