1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP

The Tripper, 'gitar cerdas' buatan Bandung yang mendunia

Inilah The Tripper, gitar khusus para musafir (travel guitar) yang siap menemani perjalanan siapa saja saat menjelajah dunia.

Gitar The Tripper/Istimewa. ©2015 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Rabu, 02 Desember 2015 12:47

Merdeka.com, Bandung - Desain gitar ini cukup unik: ramping, simpel tapi cerdas, portabel, bisa dimainkan di mana saja dan kapan saja. Inilah The Tripper, gitar khusus para musafir (travel guitar) yang siap menemani perjalanan siapa saja saat menjelajah dunia.

Di produksi oleh Stranough Guitar Technology di Bandung, merek The Tripper telah dipatenkan sebagai produk gitar yang keren buah tangan urang Bandung. Gitar ini telah memberi warna baru dalam bermusik; konsep, konstruksi, penampilan dan karakter.

Meskipun ukurannya bisa dibilang kecil mengingat desain portabel tadi, namun hal itu tidak mengurangi kemampuannya dalam genre musik apapun.

Kelebihan gitar ini justru pada keunikan desainnya. Misalnya, alat buat nyetem/tuning tidak lagi diletakkan pada kepala gitar, melainkan pada bagian body. Sehingga penampilan gitar ini nampak buntung tanpa kepala (headstock).

Kendati demikian, gitar The Tripper tetap menggunakan tuning normal, meskipun juga dapat menggunakan tuning drop. Skala fret gitar dibuat cukup pendek seperti model gitar pendek ala Fender dan Jaguar. Selisih sekala itu cuma 0,75 inci dibandingkan gitar Gibson.

Walaupun ukurannya relatif kecil dan desainnya ringkas, namun gitar ini dapat digunakan di panggung-panggung besar, menggunakan kepala kabinet amplifier agar suaranya garang, atau dikombinasikan dengan smartphone untuk menghasilkan voltase suara rendah dan tidak bising.

Untuk menghasilkan suara rendah tersebut, The Tripper dilengkapi preamps (kontrol amplifier) dengan baterai 9 volt untuk output headphone, sehingga dapat digunakan pada situasi tertentu, seperti di tempat tenang, ketika hiking, di kereta, perjalanan bus, di dalam pesawat, sore hari di taman, sendirian di pantai, atau mengatur musik di kamar hotel.

Gitar mini ini sebenarnya tidak dirancang hanya untuk para traveler saja, tetapi juga untuk kaum profesional, mahasiswa, pemain gitar, anak-anak atau bahkan kolektor.

Di rumah produksi Stranough Guitar Technology selama ini melayani custom-made sesuai permintaan pelanggan. Dengan desain personal, semua gitar custom-made ini bisa dipoles dengan tampilan unik, termasuk untuk pesanan The Tripper itu.

Dikutip dari situs www.mytravelguitar.com, gitar The Tripper ternyata telah diekspor melintasi benua; ke Singapura, Tokyo dan Hongkong di Asia; ke Sydney di Australia; Turki dan Jerman di Eropa; serta New York, Amerika Serikat. Jadi inilah The Tripper, gitar cerdas buah tangan anak-anak Bandung itu.

 

Diolah dari berbagai sumber

(MT/MT)
  1. Musik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA