Lakukan tujuh cara ini, dalam hitungan detik kamu bakal tidur

user
Mohammad Taufik 25 Januari 2016, 18:43 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebagian orang menganggap tidur itu membuang-buang waktu. Padahal, jika manusia tidak bisa mengedipkan mata sebanyak 40 kali saja, bisa menimbulkan masalah buruk munculnya lingkaran hitam pada mata, dan berimbas pada mental mudah tersinggung. "Istirahat cukup, itu benar-benar bagian dari kesehatan terbaik," kata Spesialis Tidur dari Canyon Ranch, Arizona, Amerika Serikat, Param Dedhia.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari munculnya kantong mata, meningkatnya resiko berat badan, tekanan darah tinggi, dan depresi. "Kebanyakan orang mengabaikan itu," kata Frank Lipman, pendiri dan direktur Eleven Eleven Wellness Center di New York City. "Tetapi akhirnya mereka menerima konsekuensi buruk."

Masalahnya tidak semua orang bisa tidur cepat dan teratur. Nah, bagaimana bila menghadapi masalah tersebut, bagaimana solusinya? Berikut ini tips dari para ahli seperti dikutip dari www.everydayhealth.com:

Menikmati waktu tidur Anda

Tidak usah meniru artis Madonna atau Martha Stewart dan hanya membutuhkan waktu empat jam tidur. Sebab kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan tujuh jam waktu tidur. "Meskipun ada seseorang yang memiliki kemampuan di luar itu. Namun itu tidak berarti bahwa mereka melakukan yang terbaik untuk kesehatan diri mereka sendiri," kata Dokter Dedhia.

Kesehatan Anda tergantung pada lamanya waktu istirahat tidur. "Tidur adalah waktu untuk pemulihan," kata Dedhia melanjutkan. "Hal ini terkait dengan kesehatan tubuh agar lebih baik, kesehatan otak, dan kesehatan jantung. Keseimbangan hormonal juga bisa sangat terpengaruh, karena kurang tidur dapat menyebabkan respon stres dalam tubuh."

Membuat jadwal rutinitas tidur

"Bagian terpenting untuk mendapatkan tidur malam yang baik adalah memiliki waktu dan ruang untuk itu," kata Shiloh Pileggi, seorang terapis pijat dan spa yang juga isntruktur pelatihan spa di Mohonk Mountain House di New Paltz, Newyork.

Apakah Anda menghirup secangkir teh chamomile setiap malam, mandi air hangat (atau keduanya) untuk bisa istirahat di malam hari? Membangun rutinitas tidur akan membantu sinyal otak Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. Cara lain agar tubuh Anda cepat tidur adalah dengan rileks dan berpegang pada jadwal rutin. "Karena tidur adalah salah satu ritme tubuh Anda, tidur dan bangun pada waktu yang sama sangat membantu," kata dokter Lipman.

Mematikan gadget

Sekitar satu setengah jam sebelum Anda pergi tidur, mulai mematikan layar gadget. Bahkan jika Anda bangun di tengah malam, jangan sampai tergoda untuk mengambil gadget. Lampu biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik sangat mengganggu tidur karena menekan produksi hormon melatonin yang menginduksi tidur - dengan kata lain, Anda membuat masalah lebih buruk jika menyalakan gadget.

Menjaga asupan makanan dan minuman

Mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau makanan sensitif terhadap tubuh (seperti gandum, dalam beberapa kasus) bisa memicu peradangan, yang dapat membuat tubuh Anda bekerja ekstra keras sehingga menyebabkan sulit tidur.

Heartburn (gangguang lambung ketika makanan naik) menjadi masalah tidur yang diakibatkan oleh makanan. Anda harus mengenali makanan pemicunya (seperti coklat atau kopi) yang bisa menaikkan asam lambung.

Selanjutnya hindari alkohol. Minuman ini dapat membuat Anda mengantuk pada awalnya, tetapi tidak benar-benar membuat tidur nyenyak. Pada beberapa jam awal Anda akan tertidur, tapi pada jam-jam berikutnya akan mulai muncul gangguan-gangguan tidur.

Berendam di air hangat

Cara lain yang efektif dan mudah sekali dilakukan adalah berendam air hangat pada malam hari. Selesai berendam tubuh Anda akan menjadi dingin, tetapi tidak kedinginan. Kondisi itu akan menginduksi tidur Anda menjadi semakin nyenyak. Selain itu, tambahkan pula busa yang dicampur dengan beberapa aroma terapi (lavender).

Buat ruangan senyaman mungkin

Satu-satunya faktor paling penting agar kamar nyaman sehingga tidur nyenyak adalah meniadakan cahaya. Dokter Lipman mengatakan, kamar gelap gulita akan membantu tubuh mengeluarkan melatonin (hormon neurotropik yang mengatur siklus tidur). Sebaliknya, jika ada cahaya maka melatonin tidak akan keluar dari tubuh. Selain itu, Anda juga harus membuat suhu ruangan dingin, lebih dingin dari suhu badan.

Minum obat tidur (pil melatonin)

Obat (pil melatonin) ini kebanyakan dipakai orang-orang yang sulit tidur, misalnya dibawa saat bepergian jauh menggunakan pesawat jet sehingga membantunya cepat tidur. Obat ini juga penting bagi lansia. Seiiring bertambahnya umur seseorang, maka produksi melatonin pun berkurang.

Mengonsumsi pil ini memang memiliki efek samping, misalnya sakit kepala, pusing, atau gangguan mimpi. Namun pil ini tidak membuat kecanduan dan menimbulkan efek permanen. Agar cepat tidur, minum pil dengan dosis satu sampai tiga miligram melatonin. Itu akan membuat Anda cepat tidur.

Kredit

Bagikan