Tips merawat sepatu suede agar awet dan tetap seperti baru

user
Farah Fuadona 15 Juli 2017, 13:01 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi para pecinta fashion, menjaga kebersihan sepatu tentu merupakan hal paling utama. Terlebih melakukan perawatan agar sepatu yang mudah kotor dibandingkan pakaian atau tas, harus dilakukan secara ekstra.

Ada banyak jenis material yang digunakan untuk sepatu. Salah satu jenis material sepatu yang membutuhkan perawatan ekstra hati-hati adalah suede. Dibandingkan dengan bahan kulit biasa, bahan suede terbilang lebih lembut dan rentan rusak. Untuk itu dibutuhkan perhatian lebih terhadap sepatu dengan material suede.

"Suede itu memang sensitif ya, butuh perhatian ekstra dibandingkan bahan sepatu lainnya. Makanya kalau suka sepatu berbahan suede, perhatikan perawatannya juga," ujar Pemilik laundry sepatu SS 45, Bobby Adam kepada Merdeka Bandung, belum lama ini.

Bobby berbagi cara untuk merawat sepatu suede agar bisa awet, yakni saat sudah beraktivitas seharian ada baiknya sebelum disimpan dalam lemari sepatu tersebut dibersihkan. Baik hanya dilap pada bagian luarnya saja atas kotoran tak menempel dan khawatir sulit hilang jika jarang dibersihkan dan akan timbul jamur.

Tak hanya dilap, cara lain untuk membersihkan noda pada sepatu suede adalah dengan menggunakan sikat sepatu suede. Cara yang dilakukan ini bisa meningkatkan efektivitas kerja produk pembersih suede nantinya. Sikat sepatu searah dengan serat bahan suede.

Hindari tempat yang lembab. Ada baiknya, kata dia, menyimpan sepatu menggunakan kotak atau plastik khusus sepatu agar tidak cepat rusak. Jangan lupa untuk memberikan silica gel agar kondisinya tidak lembab.

"Kalau jenis sepatu suede itu saat nyuci sepatunya sendiri di rumah hindari deterjen lain, harus khusus deterjen sepatu. Soalnya kalau salah mencuci nanti bahan suede bisa mengeras," ujarnya.

Kredit

Bagikan