Ini penyebab muncul bekas luka pada kulit

user
Mohammad Taufik 06 April 2017, 12:02 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tahukah Anda mengapa ada bekas luka pada kulit? Rupanya bekas luka merupakan satu tahapan dimana luka akan segera pulih. Meski begitu, bekas luka kerap menjadi masalah bagi sebagian orang karena dinilai mengganggu penampilan.

Salah satu dokter dari PT Interbat, Eveline, menjelaskan sebagai organ terbesar tubuh, kulit sangatlah halus dan rapuh. Ketika lapisan dermis atau epidermis mengalami kerusakan atau luka, jaringan kulit baru akan tumbuh di area rusak.

"Bekas luka, walau seringkali tidak sedap dipandang, merupakan tanda positif bahwa tubuh sedang menjalani proses biologis dalam memperbaiki luka," ujar Eveline kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam bincang santai peluncuran produk terbaru PT Interbat yakni Laderma, Rabu (5/4).

Bekas luka, lanjutnya, berarti proses penyembuhan telah terjadi.
Meskipun jaringan kulit yang baru terdiri dari bahan kulit sama, namun kualitas dan tampilan jaringan kulit yang baru dipengaruhi berbagai faktor. Faktor-faktor seperti kedalaman, ukuran, dan lokasi luka pada tubuh dapat mempengaruhi tampilan bekas luka.

Faktor lain yang juga bisa mempengaruhi tampilan bekas luka adalah usia, jenis kelamin, etnis, dan faktor genetik dari masing-masing individu. Para ahli perawatan luka saat ini percaya bahwa tiga faktor utama dalam perawatan bekas luka yang baik adalah hidrasi kulit, perlindungan kulit, dan hasil akhirnya adalah pemudaran tampilan bekas luka.

"Ini jenis bekas luka yang umum ditemui, dimulai dari bekas luka Keloid. Keloid adalah hasil proses penyembuhan kulit yang terlalu agresif, dimana jaringan kulit baru, tumbuh hingga area di luar luka. Jenis luka Keloid lebih umum ditemui pada orang yang berkulit gelap dan bisa terbentuk ketika kulit mengalami cedera," ujarnya.

Sementara itu, Brand Manager Laderma, Mohamad Nurhadi menjelaskan, bekas luka dapat timbul akibat luka apa saja, namun yang paling sering ditemui pada umumnya adalah akibat luka gores, luka bakar, luka bekas jerawat, luka bekas operasi, luka bekas penyakit cacar ataupun stretch mark.

"Artinya setiap individu kemungkinan besar memiliki bekas luka pada tubuhnya. PT Interbat tahun ini merilis produk terbarunya, Laderma, krim yang efektif memudarkan bekas luka, untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan memberikan solusi menyeluruh terhadap perbaikan luka," papar Norhadi.

Kredit

Bagikan