1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP

Pindang Ma Ecot, kuliner khas Bandung Selatan yang legendaris

Di Bandung, pindang ikan mas Ma Ecot bisa mudah didapatkan. Tinggal mampir saja ke Jalan Karapitan belakang Hotel Horison.

Pindang Ma Ecot . ©2016 Merdeka.com Reporter : Iman Herdiana | Selasa, 15 Maret 2016 12:29

Merdeka.com, Bandung - Nagreg, Kabupaten Bandung, bukan hanya terkenal sebagai rute mudik jalur selatan. Di sini terdapat pindang ikan mas legendaris yang rasanya khas yaitu Pindang Pusaka Ma Ecot.

Di Bandung, pindang ikan mas Ma Ecot bisa mudah didapatkan. Tinggal mampir saja ke Jalan Karawitan belakang Hotel Horison. Di sana ada mobil yang menjadi Divisi Penjualan Pindang Pusaka Ma Ecot 2 Cabang Nagreg.

Divisi Penjualan Pindang Pusaka Ma Ecot 2 buka tiap hari mulai pukul 09.00 sampai sore. Divisi ini mulai menempati lokasi tersebut sejak empat tahun lalu. Sebagian warga Bandung atau luar Bandung sudah mengetahuinya.

"Tiap hari, selalu ada penggemar ikan yang beli. Awalnya pembeli tidak percaya ini pindang Ma Ecot. Tetapi setelah mencoba, mereka tahu dari rasa," kata Asep Fahmi (37), generasi keempat Ma Ecot, kepada Merdeka Bandung, Selasa (15/3).




Ia menjelaskan, untuk membedakan pindang Ma Ecot asli dan yang tidak bisa dibuktikan dengan rasa pindang dan teksturnya. Pembeli yang pernah ke Rumah Makan Ma Ecot di Nagreg akan mengerahuinya.

"Ada pembeli yang pernah makan di sana (Nagreg) kemudian membandingkan dengan yang di sini, rasanya sama," katanya.

Harga pindang ikan mas tersebut dijual Rp 15.000 dan Rp 20.000 tergantung ukuran.

Selain pindang, Asep juga menjual makanan khas Sunda lainnya seperti pepes ikan mas, pepes ayam, telor ikan mas, rendang jengkol, dendeng sapi, abon ikan peda, kacang merah manis pedas, dan sambel goreng tempe.

Semua menu tersebut menjadi pelengkap makan pindang pusaka. Selain di Karawitan, pindang pusaka ini bisa ditemui di Mekarwangi, Bandung. Di sana ada rumah makan yang dikelola kakak Asep, Ahmad.

(MT/IH)
  1. Makanan Khas Bandung
  2. Kuliner
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA