1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP

Islamic Fashion Institute, Tempatnya Perdalam Ilmu Fesyen Islam

"Kalau melihat para alumni IFI, kelihatan sekali perbedaan sebelum belajar di sini dan sesudahnya".

Islamic Fashion Institute . ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 19 Desember 2018 11:16

Merdeka.com, Bandung - Memiliki minat pada dunia fesyen khususnya busana muslim? Anda bisa mendapatkan semua ilmunya di Islamic Fashion Institute (IFI). Sekolah fesyen Islam ini didirikan oleh tiga desainer ternama Tanah Air yakni Deden Siswanto, Irna Mutiara, dan Nuniek Mawardi.

IFI memberikan sistem pengajaran individual. Membina hubungan baik antara siswa dan instruktur, dimana para siswa akan dibimbing untuk fokus pada minat, latar belakang, dan pengalaman masing-masing.

Selama sembilan bulan para siswa akan mendapat ilmu dari intruktur handal. Pada tiga bulan pertama, siswa akan diajarkan soal stylist. Pada bagian ini, materi yang diberikan adalah belajar dalam mempersiapkan sebuah pertunjukkan, pemotretan ataupun media sosial.

Kemudian, sketsa dasar, kombinasi warna, penelitian fesyen, dan moodboard dasar. Selanjutnya adalah menciptakan ikon pada industri fesyen. Pada tiga bulan pertama ini akan dilangsungkan 23 kali pertemuan.

Tahap kedua yakni tiga bulan selanjutnya, siswa akan diajarkan perihal fashion PR dan marketing. Di sini siswa akan mendapatkan caranya promosi dengan kreatif melalui berbagai media, lalu sejarah mode adat atau kontemporer, pengetahuan tekstil, pemasaran fesyen, dan pemahaman produk.

Lalu diajarkan pula cara membangun penelitian dan studi pasar dalam mode fesyen muslim secara global.

Pada tiga bulan terakhir, siswa dituntut untuk secara profesional bisa menjadi seorang desainer seutuhnya. Tahap ini, siswa akan mempelajari kunci konsep fesyen desain dan bereksperimen dengan berbagai kain dan teknik.

Lalu membuat fesyen ilustrasi, draping, pattern drafting, dan mempelajaru sejarah fesyen. Dibimbing dalam perencanaan pembuatan karya fesyen dengan gaya sendiri, dan terakhir adalah fashion show.

"Kalau melihat para alumni IFI, kelihatan sekali perbedaan sebelum belajar di sini dan sesudahnya. Setiap rancangan yang dihasilkan begitu detail," ujar salah seorang pendiri IFI, Nuniek Mawardi kepada Merdeka Bandung, Selasa (18/12).

Nuniek menjelaskan, rasa bangga hadir dibenaknya tatkala melihat para alumni IFI yang sukses berkiprah di dunia fesyen muslim. Ia bangga karena bisa menjadi bagian dari kesuksesan karier para siswanya.

"Kami merasa bangga dan menyentuh sekali bisa melihat para alumni IFI ini membangun kariernya sendiri. Lulusan IFI bisa terlihat jauh lebih percaya diri dibandingkan dengan pertama kali mereka sebelum belajar di sini," jelasnya.

IFI berada di Click Square lantai 5A, Jalan Naripan. Jika ingin mendaftar menjadi siswa di IFI, syaratnya mudah yakni hanya perlu melakukan registrasi dan mengikuti tes fingerprint sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

(ES/AA)
  1. Fashion
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA