1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP

Ini solusi mudah untuk mata lelah

Cara sederhana lainnya untuk menghindari mata lelah adalah dengan tidur.

Ilustrasi mata. ©2016 Merdeka.com Reporter : Iman Herdiana | Selasa, 05 April 2016 17:23

Merdeka.com, Bandung - Hampir semua pekerjaan atau aktivitas harian kita menggunakan penglihatan mata dengan fokus dekat. Contohnya kerja di depan layar komputer, bermain ponsel atau gadget dan lainnya.
 
Padahal terlalu sering memforsir mata dengan fokus dekat akan menimbulkan mata lelah (astenopia). Penyakit mata lelah akan membuat orang sulit fokus, mata mudah sekali pegal atau tidak nyaman, perih, kepala pusing bahkan sakit kepala.
 
“Pada beberapa orang mata lelah bisa memperbesar minus,” kata Direktur Medik dan Pelayanan Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata (RSM) Cicendo, Bandung, DR dr Iwan Sovani SpM (K), kepada Merdeka Bandung.
 
Kendati demikian, minus mata juga disebabkan faktor bawaan. Untuk memastikan minus mata harus dilakukan pengecekan ke dokter mata. Sedangkan cara mengatasi mata lelah, kata Iwan, solusinya cukup sederhana. Pertama, dengan melihat jauh tahu kebalikan dari fokus dekat.
 
“Mata itu melihat jauh sama dengan istirahat. Melihat lebih dari lima enam meter mata itu istirahat. Sementara kegiatan sehari-hari misalnya aktivitas kerja, melihat komputer, HP, segala macam itu kan melihat fokus dekat,” kata Iwan.
 
“Kadang ada yang salah, habis kerja terus pakai laptop pas istirahat main game, jadi matanya tetap saja fokus dekat. Jadi mata itu kalau mau istirahat dia harus melihat jauh,” tambahnya.
 
Berapa lama melihat jauh untuk mengistirahatkan mata, Iwan menyatakan tidak ada patokan waktu, bisa beberapa menit saja atau setengah jam. Yang penting, kata dia, harus diusahakan selama kerja harus diselingi dengan melihat jauh.
 
Kekuatan orang bekerja juga berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi pula faktor usia. Makin muda seseorang akan makin kuat fokusnya. Ada juga orang yang memiliki kekuatan luar biasa dalam bekerja. Tetapi jika mata diporsir terus-menerus justru akan berbahaya.
 
Contohnya, kata dia, olahraga lari baik bagi kesehatan. Tetapi jika lari tersebut dilakukan siang malam tentu dampaknya akan buruk. “Jangan forsir mata terus menerus, jadi diselang-selang dengan melihat jauh,” katanya.
 
Itu sebabnya orang tua dulu sering menasehati anaknya agar melihat yang hijau-hijau. Nasehat orang tua tersebut maksudnya melihat jauh. “Supaya mata kita istirahat,” terangnya.
 
Cara sederhana lainnya untuk menghindari mata lelah adalah dengan tidur. Kadang ada orang merasa kuat tidak tidur semalaman. Padahal meski badan kuat, beda lagi dengan mata. “Kalau sudah ada keluhan mata lelah istirahat dengan cara lihat jauh atau tidur. Itu yang paling utama,” tandasnya.

(FF/IH)
  1. Info Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA