Diusung Hanura, Yossi jalin komunikasi intensif dengan semua partai politik

Oleh Mohammad Taufik pada 23 November 2017, 17:11 WIB

Bandung.merdeka.com - Yossi Irianto menerima surat tugas sebagai Calon Wali Kota dari Partai Hanura dalam rangka menghadapi Pilwalkot Bandung 2018 di kantor DPC Hanura Kota Bandung, Rabu (22/11) malam. Dalam surat itu Yossi diminta menjalin komunikasi dengan partai politik dan mencari kandidat pasangan calon dengan tujuan untuk memenuni syarat dukungan sebagai calon wali kota Bandung.

Yossi mengatakan sudah menjalin komunikasi politik terkait pencalonannya di Pilwalkot Bandung. Komunikasi politik ini, kata Yossi, bahkan telah dilakukan jauh-jauh hari sebelum dirinya diberi tugas oleh Partai Hanura sebagai calon wali kota.

"Kalau ditanya sejauh mana komunikasi yang saya lakukan, sebelum Saya mendapatkan kepercayanaan dari Partai Hanura Saya juga telah melakukan komunikasi dengan semua partai politik, meskipun sifatnya lisan," ujar Yossi kepada wartawan.

Menurut dia, komunikasi dengan partai politik harus diintensifkan mengingat jumlah kursi Partai Hanura di DPRD tidak cukup untuk mengusung calon sendiri. Sehingga Partai Hanura harus berkoalisi dengan partai lain.

"Itu harus realistis juga karena 6 kursi (Partai Hanura) masih kurang. Untuk itu Insya Allah dalam waktu cepat karena memang sebelumnya kami telah melakukan berbagi komunikasi dengan seluruh partai yang ada di Bandung. Kita harus ada kesamaan visi misi dulu. Jadi memang dalam melakukan koalisi ini tidak mudah, juga tidak sulit, yang penting ada chemistry dulu," ucapnya.

Disinggung partai mana saja yang sudah melakukan komunikasi secara intensif, Yossi menyebutkan tiga partai yakni Nasdem, PPP, PKB. Namun komunikasi juga dilakukan dengan partai-partai lain seperti PDIP, PKS termasuk Gerindra

"Jadi sebenarnya semua partai intensif, namun agak lebih intens dari mulai Nasdem, PPP, termasuk PKB sudah kita komunikasi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada chemistry. Saya katakan dengan partai-partai lain lah seperti PDIP, PKS, Gerindra. Semua partai saya sedang melakukan komunikasi," ujarnya.

Menanggapi pencalonan Yossi di Pilwakot 2018 yang diusung Hanura, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial, yang juga Bakal Calon Wali dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku turut bergembira. Dengan demikian, keduanya bakal sama-sama maju dalam Pilwakot nanti.

"Ya Saya ikut bergembira kalau Pak Yossi mendapatkan surat tugas juga dari Hanura ya. Kan ada tiga orang ya, Deny, Mang Endun dan Pak Yossi," ujar Oded kepada wartawan saat ditemui di RW 06, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari.

Oded menilai tiga sosok yang diusung oleh Hanura, termasuk Yossi Irianto merupakan orang-orang terbaik yang layak maju di Pilwalkot Bandung. "Mudah-mudahan prosesnya, pilihan 3 itu yang terbaik Saya kira," katanya.

Disinggung status ASN yang masih melekat dengan Yossi, Oded mempersilakannya. Menurut dia siapapun memiliki hak untuk maju di Pilkada.

"Ya enggak apa-apa, (Yossi) punya hak juga. Siapun boleh kok, tukang becak ge bisa (ikut Pilkada), asal memenuhi syarat," ungkapnya.

Oded sendiri merupakan bakal calon pertama yang telah resmi diusung oleh PKS. Hingga saat ini Oded masih terus menjalin komunikasi dengan sejumlah Parpol untuk mencari calon pendampingnya di Pilwalkot nanti. Tak menutup kemungkinan, Oded dan Yossi akan menjadi lawan untuk bertarung Pilwalkot Bandung 2018.