1. BANDUNG
  2. PROFIL

Tularkan semangat wirausaha ala Rasulullah

Semata-mata agar masyarakat yang ingin berwirausaha tak melupakan agama ketika telah sukses.

Haji Cai. ©2015 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 11 Desember 2015 11:09

Merdeka.com, Bandung - Warga Cihanjuang, Cimahi, Jawa Barat pasti tak asing dengan nama Haji Cai. Sosoknya begitu tersohor berkat bisnis air yang dirintisnya sejak lama.

Tapi siapa sebenarnya Haji Cai itu? adalah Ramdhan Komaruzaman yang merupakan enterpreneur muda dan sukses. Tapi kesuksesan yang ia raih tak ingin dinikmati sendiri. Ramadhan memilih berbagi ilmu berwirausaha lewat bisnis yang digelutinya.

Namun, ada sesuatu yang menarik dari cara Ramadhan alias Haji Cai dalam berbagi ilmu. Warga Komplek Duta Regency A23 Cihanjuang, Cimahi Utara, Kota Cimahi ini menularkan semangat berwirausaha ala Rasulullah SAW.

Rupanya cara berwirausaha ala Rasulullah yang ia ajarkan. Semata-mata agar masyarakat yang ingin berwirausaha tak melupakan agama ketika telah sukses. Mengutip kata Syafii Antonia, Muhammad adalah super leader dan super manager.

"Rasulullah adalah seorang pemimpin dan wirausahawan sejati. Sebagai seorang wirausahawan sejati, Rasulullah tak pernah melupakan sedekah, zakat, dan lainnya. Nah, kita juga harus begitu," ujar Haji Cai kepada Merdeka.com.

Haji Cai terkenal berkat usahanya berjualan air mineral kemasan bermerek Air Khatam Quran Mata Cinta. Air itu sebelum dijual, dibacakan dulu Al-Quran 30 Juz. Baginya bisnis yang tengah ia geluti itu bisa berhasil berkat adanya ketekunan dalam membangun bisnis.

"Saya tidak ingin mereka yang berbisnis menghalalkan segala cara agar sukses. Contohlah Rasulullah yang dengan berlahan membangun kerajaan bisnisnya untuk sukses. Yang penting itu usahanya keras nanti akan mendapat hasil setimpal," ujar dia.

(FF/AA)
  1. Wirausahawan
  2. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA