1. BANDUNG
  2. PROFIL

Paula Modersohn-Becker, wanita pertama melukis dirinya bugil nongol di Google Doodle

Paula lahir di Jerman pada 8 Februari 1876 dan meninggal pada 1907.

Paula Modersohn-Becker. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Kamis, 08 Februari 2018 12:32

Merdeka.com, Bandung - Google Doodle hari ini merayakan kelahiran Paula Modersohn-Becker. Paula adalah pelukis wanita pertama yang melukis dirinya sendiri sedang bugil. Pada tampilan Google Doodle, terpajang beberapa lukisan karya Paula. Sayang, lukisan Paula yang paling populer: 'Self Portrait on the Sixth Anniversary of Marriage' justru tidak muncul.

Paula lahir di Jerman pada 8 Februari 1876 dan meninggal pada 1907. Pada 26 Mei 1906, saat membuat geger dunia seni dengan melukis dirinya bugil, Paula berusia 30 tahun. Hari itu tepat dengan ulang tahun pernikahannya keenam, dan persis setahun sebelum dia meninggal.

Lukisan berjudul 'Self Portrait on the Sixth Anniversary of Marriage' (lukisan diri pada perayaan tahun keenam pernikahan). Lukisan itu sekaligus sebagai pesan perpisahan dirinya pada suami sebelum mengabdikan diri pada dunia seni.

Paula menikah dengan Otto Modersohn, seorang akademisi pelukis yang berusia 10 tahun lebih tua darinya. Lukisan dirinya tanpa busana itu bagi pecinta seni dinilai sebagai salah satu potret Paula yang penuh emosional. Dia menggambarkan dirinya seperti sedang hamil, padahal tidak.

Dalam lukisan itu juga Paula Modersohn-Becker menulis tulisan bercat hijau zaitun di pojok kanan bawah kanvas. Ia menandai lukisan itu dengan inisial "PB", untuk Paula Becker, nama gadisnya, mengabaikan Modersohn, nama yang dia dapatkan saat menikah.

Dalam lukisan tanpa busananya, Paula Modersohn-Becker melukis bukan sekadar potret diri yang tanpa busana (telanjang) melainkan sebuah deklarasi pembebasan. Tidak hanya dari ikatan dan tugas pernikahan. Akan tetapi sebagai gambaran dari apa yang ia rasakan kala itu.

(MT/MT)
  1. Seni
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA